Satgas Pamtas, Kemenkumham RI Kanwil Kalbar Gelar Rapat Timpora Kecamatan di Perbatasan

KBRN, Kapuas Hulu : Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha menghadiri rapat Tim pengawasan orang Asing (Timpora) tingkat kecamatan Perbatasan Indonesia-Malaysia di desa Badau, kecamatan Badau, kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (22/9/2021).

Dansatgas Pamtas Republik Indonesia-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha Letkol Inf Andri Suratman menjelaskan kegiatan tersebut merupakan sinegritas Satgas Pamtas RI-Malaysia dengan Kemenkumham dan HAM RI Kanwil Kalbar dan instansi pemerintah yang terkait yang ada di Badau.

Keberadaan Tim Pengawasan Orang Asing dan pelintasan orang Indonesia di perbatasan sebagai wadah tukar menukar informasi sangatlah penting, karena warga yang melintas batas harus mendapat perhatian oleh Semua pihak yang terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Ali Hanafi selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putusibau mengatakan Pemerintah telah membuat protokol baku dalam setiap urusan untuk mencegah penyebaran Covid-19 setiap orang asing harus mendapat pemeriksaan yang ketat sesuai prosedur pencegahan Covid-19.

“Para petugas harus bisa memastikan bahwa orang asing tersebut sehat serta mensterilkan barang bawaan yang berpotensi menjadi media penyebaran Covid-19, Serta menurut  UU Keimigrasian No 6 tahun 2011 yang mengatur keluar dan  masuk wilayah Indonesia,” ucapannya.

Ditempat yang sama Letda Chk Lalu Syani Aflah SH selaku pakum Satgas mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk sinegritas Satgas dengan Kemenkumham dan HAM RI Kanwil Kalbar serta Aparat pemerintah Badau dalam rapat pembahasan tentang keimigrasian lalu lintas orang yang keluar masuk wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegak nya kedaulatan negara.

Setiap orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia wajib melalui pemeriksaan yang dilakukan oleh pejabat imigrasi di tempat pemeriksaan imigrasi, kegiatan ini berjalan dengan lancar tentunya mengutamakan protokol kesehatan.(Pen Yonif 144 JY/Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00