Anggota Satgas Goro Bersama Warga Perbatasan Nugal Padi

KBRN, Kapuas Hulu : Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha melaksanakan nugal padi bersama warga dayak di desa Langau, Kecamatan Puring, Kencana Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu (19/9/2021).

Dansatgas Pamtas Republik Indonesia-Malaysia Yonif 144/Jaya Yudha Letkol Inf Andri Suratman mengatakan dalam kegiatan nugal budaya dan semangat kerjasama antar petani terlihat begitu erat dan kental, sehingga dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan dan memelihara rasa kebersamaan dan kekeluargaan bersama Anggota Satgas, terutama dalam membantu mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat dihadapi masyarakat

“Memasuki bulan september warga Dayak Iban melaksanakan nugal padi di kebun yang sudah di bersihkan, nugal ini dengan cara menanam padi yang telah di lobangi  dengan tongkat yang telah di runcingkan terus di masukan benih padi  secukupnya, seperti yang dilakukan oleh anggota Satgas Kami Pos Langau 1 membantu warga Dayak iban yang Nugal Padi, kegiatan ini sudah kebiasaan orang Dayak dengan cara gotong royong antar petani yang berladanng,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu warga Dayak Iban yang ikut kegiatan nugal Ubay mengatakan dirinya merasa senang dan bangga karena satgas telah bersedia datang untuk di undang Nugal bersama di ladang.

“Terimakasih banyak atas bantuan dari bapak-bapak Satgas selain mempercepat penanaman padi ,juga memberikan semangat yang luar biasa bagi warga kami,” ujarnya.

Serda Dedi Bustamil dan tiga rekannya dari Ssk II Pos langau 1, saling bekerjasama dengan warga Dayak dalam kegiatan Nugal, mulai dari menancapkan tongkat ketanah sampai memasukkan benih padi ke dalam lobang, harapannya semoga padi yang di tanam dapat panen yang berlimpah.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, serta tak henti hentinya mengajak masyarakat untuk pentingnya Mematuhi protokol kesehatan .(Pen Yonif 144 JY/Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00