Pemkab Sintang Ikuti Rakor Virtual Bersama Tim Satuan Tugas Koordinator Wilayah III

KBRN, Sintang: Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Capaian Monitoring Centre for Prevention Semester I Tahun 2021 secara virtual yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Tim Satuan Tugas Koordinator Wilayah III yang membawahi Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah diikuti oleh Wakil Bupati Sintang Sudiyanto dan beberapa OPD terkait, Rabu (28/7/2021).

Dalam Rakor tersebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menindaklanjuti program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di wilayah Kalimantan Barat.

Kepala Satuan Tugas Pencegahan Koordinasi dan Supervisi (Satgas Korsup) Wilayah III KPK Edi Suryanto menjelaskan  Monitoring Centre for Prevention (MCP) merupakan media komunikasi yang dibangun oleh KPK untuk menyambungkan pemda dengan KPK.

Mengapa ada MCP, karena kami tidak bisa setiap hari mengawasi pemda, sehingga membentuk MCP supaya KPK bisa memantau tata kelola pemerintahan pada 8 area yang ada di Kabupaten Sintang,” kata Edi Suryanto.

“Dengan MCP, kami membantu Pemda Sintang untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. Ada beberapa OPD yang memang terkait langsung dengan MCP ini. Dari 8 area intervensi, Inspektorat harus selalu terlibat didalamnya” terang Edi Suryanto

Menurut Edi Suryanto perencanaan penganggaran sangat penting untuk menjamin penyusunan anggaran melalui tahapan yang benar mulai dari musrenbang tingkat desa sampai penetapan APBD.

“untuk mengurangi pengawasan, saya mendorong agar Dinas Pemdes bisa membuat raport desa yang berisi ketertiban administrasi, ketertiban pengelolaan keuangan, pembangunan fisiknya, laporan pengaduan masyarakat, penilaian pribadi staf Dinas Pemerintahan Desa terhadap kepala desa,” tambahnya.

Mendengarkan arahan Kepala Satuan Tugas Pencegahan Koordinasi dan Supervisi (Satgas Korsup) Wilayah III KPK Edi Suryanto, Wakil Bupati Sintang Sudiyanto menyampaikan terima kasih kepada Komisi Pemberantasan Korupsi yang sudah memberikan arahan dan mengingatkan jajaran Pemkab Sintang dalam hal pencegahan tindak pidana korupsi.

“kami sudah diingatkan soal pencegahan korupsi, sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan  bisa diminimalisir, Terima kasih sudah diberikan saran dan masukan,” ungkap Sudiyanto. (ril/Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00