WVI Sintang Ajak Anak Bijak Akses Internet

KBRN, Sintang: Mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak di dunia Digital, Wahana Visi Indonesia Kabupaten Sintang memberikan informasi kepada anak melalui forum anak, kader Posyandu dan perangkat Desa di Desa Binaan agar anak-anak dapat bijak dalam mengakses informasi.

Area Program Manager Wahana Visi Indonesia Sintang dan Melawi Margaretha Siregar mengatakan ditengah pandemi covid-19 anak-anak belajar secara daring, kondisi ini memberikan peluang banyak kepada anak-anak mengakses gadget, tidak menutup kemungkinan ada potensi kekerasan terhadap anak di dunia digital secara umum jika luput dari pengawasan orang tua misalkan melalui kata-kata, mendapatkan akses perkaderan pornografi atau dimanipulasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Kami berharap agar para orang tua tetap semangat mendampingi anak-anaknya dimasa pandemi, terus belajar mengikuti kondisi zaman yang ada agar orang tua menjadi teladan dan mengawasi anak dengan baik, sedangkan anak dapat mengetahui hak mereka untuk terus berkarya,” kata Margaretha Siregar, Selasa (27/7/2021). 

Margaretha Siregar menjelaskan usia nol hingga dua tahun diharapkan tidak terpapar dengan gadged, usia dua hingga lima tahun dengan pendampingan orang tua maksimal dua jam dalam satu minggu sedangkan anak-anak yang sudah memasuki usia remaja juga perlu pendampingan orang tua dengan cara memastikan aplikasi yang ada di gadged anak sesuai usia mereka.

Adapun Desa Binaan Wahana Visi Indonesia Sintang tahun ini terletak di empat belas Desa, tujuh Desa di Kecamatan Tempunak dan tujuh Desa di Kecamatan Sepauk dan pada Juli ini masuk lagi di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Binjai dan Dedai pada perlindungan anak diseribu hari pertama kehidupan. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00