Lahan Warga  di Kalis Kapuas Hulu Terbakar

KBRN, Kapuas Hulu: Memasuki musim kemarau, lahan seluas sekitar 1 hektare milik warga Dusun Karya Suci, Desa Nanga Kalis, Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu tebakar, Minggu (26/7/2021).

Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Pramuka Kabupaten Kapuas Hulu Khendi menjelaskan Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB dan hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran lahan gambut milik warga Kecamatan Kalis tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengatakan pada tanggal 26 Juli 2021 terdapat sejumlah hotspot yang tertangkap satelit salah satunya kebakaran lahan gambut yang terjadi di Dusun Karya Suci Desa Nanga Kalis.

“Untuk mencegah terjadi Karhutla di Kapuas Hulu kami telah membentuk masyarakat Peduli Api (MPA) di 19 desa rawan Karhutla di Kapuas Hulu dan BPBD dan Tim Gabungan juga sudah sudah menerapkan jadwal piket pada posko Karhutla atau bencana, sehingga jika terjadi Karhutla atau bencana masyarakat bisa langsung melaporkannya kepada petugas terdekat di kecamatan atau desa, dan nantinya pihak desa atau kecamatan melanjutkan kepada Tim BPBD Kapuas Hulu,” ujarnya.

Menurutnya agar Karhutla di Kapuas Hulu dapat diminimalisir perlu kesadaran masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan dengan cara melaporkan kepada petugas apabila hendak membakar lahan, sehingga api tidak merambah ke lahan lainnya.

“Kami meminta agar pihak kecamatan dan apartur desa khususnya kepala desa selalu menyampaikan sosialisasi terkait bahaya dan cara menanggulangi Karhutla kepada masyarakat karena apabila terjadi suatu Karhutla atau ada titik panas akan langsung terlihat melalui satelit, bahkan dari pusat juga akan memantau perkembangan hotspot di masing-masing daerah,” himbauanya. (Tim/Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00