Besok DKBP3A Sintang Buka Layanan KB Gratis

KBRN, Sintang: Memperingati Hari Keluarga Nasional tahun 2021 di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat yang biasa diperingati setiap tanggal 29 Juni, Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Sintang melalui Puskesmas dan Praktek Bidan Mandiri di Kota Sintang memberikan pelayanan sejuta aseptor, beberapa jenis alat kontrasepei secara gratis, Kamis (24/6/2021).

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Sintang Maryadi mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya mewujudkan keluarga berkualitas, beberapa jenis alat kontrasepsi yang disiapkan seperti Pil, suntik, IUD, Implan, metode operasi pria dan metode operasi wanita.

Sejumlah Puskesmas dan Praktek Bidan Mandiri yang memberikan layanan KB gratis diantaranya Puskesmas Sungai Durian, Puskesmas Dara Juanti, Puskesmas Tanjung Puri, Puskesmas Kebong, Puskesmas Pandan, Klinik Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Sintang, Praktek Mandiri Bidan Florida Ida, Roslin dan Eva Maulina.

“Puskesmas dan Praktek bidan mandiri yang kita undang sudah menyatakan kesiapan mensukseskan acara pelayanan KB serentak mendukung capaian target pelayanan peserta aseptor sekitar dua ribu tahun ini,” kata Maryadi, Rabu (23/6/2021).

Sementara itu Puskesmas Kebong Kecamatan kelam Permai Kabupaten Sintang telah melakukan persiapan baik sarana dan prasarana di Puskesmas maupun menginformasikan warga di Wilayah Kerja Puskesmas Kebong mengenai layanan KB Gratis.

Kepala Puskesmas Kebong Kecamatan Kelam Permai Makarina Innachulata mengatakan kekhawatiran masyarakat mengunjungi Puskesmas di tengah pandemi covid-19 menjadi tantangan minat masyarakat untuk mendapatkan pelayanan KB gratis, terlihat dari jumlah yang mendaftar, ada satu Desa dengan belasan peserta yang sudah mendaftar, pada 23 Juni 2021 memutuskan untuk batal.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan KB gratis diharapkan dapat datang ke Puskesmas Kebong, 24 Juni 2021 dari Pukul 08.00 - 14.00 WIB,” himbau Makarina Innachulata.

Dikatakan Ina pihaknya menyiapkan sebanyak empat hingga lima orang tenaga kesehatan untuk memberikan layanan KB gratis kepada masyarakat, penyebaran informasi di perluas oleh petugas yang berada di Desa-Desa. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00