BPBD Kapuas Hulu Latih Relawan Pemadam Kebakaran Desa Rantau Kalis

KBRN, Kapuas Hulu: Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu,  melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Barat melakukan pembentukan dan pelatihan relawan pemadam kebakaran desa Rantau Kalis, Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (17/6/2021).

Bupati Kapuas Hulu Fransisku Diaan Saat membuka langsung kegiatan tersebut mengatakan pembentukan dan pelatihan relawan pemadam kebakaran memiliki makna strategis karena merupakan perwujudan komitmen dan tanggungjawab bersama dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla antara pemerintah daerah, kecamatan dan pemerintah desa bersama masyarakat.

“Pembentukan relawan pemadam kebakaran yang dilaksanakan hari ini sangat relevan dengan kondisi daerah kita yang cukup rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan utamanya terkait aktivitas pembukaan lahan pertanian atau Huma yang memang masih merupakan bagian tidak terpisah dari kearifan lokal,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan menjelaskan karhutla adalah masalah yang komplek dan rumit sehingga pemerintah perlu melibatkan masyarakat terutama masyarakat sekitarnya untuk berperan aktif agar tumbuh kesadaran akan bahaya karhutla dan sedini mungkin dapat dilakukan pencegahan dan pengendalian sebelum berdampak luas.

“Dari tahun 2018-2021 BPBD Kapuas Hulu membentuk 19 Kelompok relawan pemadam kebakaran di desa yang tersebar di Kapuas Hulu, 2018 ada 2 kelompok, 2019 ada 4 kelompok, 2020 ada 6 kelompok, 2021 ada 7 kelompok,” ujarnya.

Gunawan  berharap para relawan berperan aktif dalam penanggulangan Karhutla diwilayah Kapuas Hulu yang mungkin bisa saja terjadi dimasa yang akan datang. (Yos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00