Dinkes Sintang Siapkan 3 Ribu Kit Antigen Gratis di Posko Covid Sepulut

KBRN, Sintang:  Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Sintang menyiapkan 3 ribu kit antigen untuk mendukung oprasional Posko Covid-19 di desa Sepulut Kecamatan Sepauk

 “Di posko Covid Desa Sepulut ini, kita siapkan 3 ribu kit antigen. Yang tidak membawa surat keterangan negatif covid-19 baik rapid antigen maupun PCR, semua yang lewat akan diperiksa. Kami juga menugaskan para tenaga kesehatan di posko ini 24 jam,”  Jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr Harysinto Linoh, jumat (7/5/2021).

Sejak kamis, Tim Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Sintang telah resmi mengaktifkan operasional Posko Covid-19 Kabupaten Sintang di Desa Sepulut Kecamatan Sepauk sejak kamis 6 Mei 2021 pukul 09.00 WIB.

Petugas Posko Covid-19 Kabupaten Sintang  melakukan pemeriksaan kepada masyarakat yang akan memasuki wilayah Kabupaten Sintang selama 24 jam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang Bernard Saragih mengatakan masyarakat yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Sintang tetapi tidak membawa hasil negatif  rapid test antigen, akan dilakukan tes di posko secara gratis.

 “Tetapi kalau saat diperiksa bisa menunjukan surat negatif covid-19, maka akan dipersilakan lewat. Penyekatan ini akan berlangsung selama 12 hari mulai 6 Mei sampai 17 Mei. Posko Covid-19 Kabupaten Sintang di Desa Sepulut Kecamatan Sepauk ini beroperasi 24 jam,” terang Bernard Saragih

 Ia mengatakan pembuatan Posko ini tidak membuat masyarakat susah. Kesehatan masyarakat menjadi hukum tertinggi dalam penyekatan ini. Supir truk ekspedisi juga wajib menunjukan surat bebas covid-19 saat akan masuk ke Sintang.

“Bagi warga disini yang keluar masuk karena bekerja, bisa membawa surat dari Kepala Desa yang menunjukan bahwa yang bersangkutan memang bekerja dan setiap hari pulang pergi melewati posko ini,” terang Bernard Saragih

Di Posko ini terdapat 4 tenda besar yang dipergunakan tempat istirahat petugas, pemeriksaan dan karantina. Bagi masyarakat yang hasil tesnya positif akan dibawa menggunakan ambulance ke RSUD AM Djoen Sintang untuk dilakukan tindakan medis. (fik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00