Tambahan Kasus Terkonfirmasi Covid-19, Layanan Puskesmas Induk Kecamatan Sepauk Kembali Tutup Sementara

KBRN, Sintang: Puskesmas induk Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang kembali menutup sementara layanan di Puskesmas pada Kamis 22 April 2021, Pukul 13.00 WIB hingga Senin 26 April 2021 untuk pelayanan rawat jalan dan administrasi, setelah ditemukan dua tambahan kasus terkonfirmasi covid-19, sebagaimana diberitakan sebelumnya Puskesmas induk Sepauk Pada 20 dan 21 April 2021  menutup sementara layanan guna sterilisasi dan tracing kontak erat sebanyak tujuh staf yang terpapar covid-19.  

Kepala Puskesmas Sepauk Aiduliansyah mengatakan Penutupan sementara UGD, Persalinan dan Rawat inap, terhitung mulai Kamis 22 April 2021 pukul 13.00 WIB sampai dengan Sabtu 24 April 2021, pada Sabtu, 24 April 2021 pukul 07.00 WIB pelayanan kesehatan UGD, persalinan dan rawat inap dibuka kembali.

Aiduliansyah menjelaskan masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan persalinan di arahkan ke polindes Sungai Raya, Polindes Tanjung Ria, Pustu Lengkenat dan Poskesdes Sepulut sedangkan pelayanan UGD dan rawat inap pihaknya mengeluarkan rujukan ke RSUD Ade M. Djoen Sintang atau Kabupaten Sekadau.

“Kebijakan penutupan sementara ini untuk melanjutkan trecing terhadap staf Puskesmas Sepauk, anggota keluarga yang kontak erat dan sterilisasi, Berdasarkan fakta dan laporan kasus, sudah tiga hari ini melaksanakan trecing dan pemeriksaan rafid antigen terhadap seluruh staf puskesmas dan ditemukan tambahan dua orang staf puskesmas terkonfirmasi covid 19, sehingga jumlah staf puskesmas sepauk yang terkonfirmasi positif covid 19, hingga 22 April 2021 sebanyak 9 orang,” kata Aiduliansyah, Jum’at (23/4/2021).

Sementara itu Camat Sepauk Cinghan mengatakan masih ada lima staf puskesmas lagi yang belum di rapid antigen, lima staf ini dijadwalkan melakukan swab PCR hari ini Jumat 23 April 2021 di Dinas Kesehtaan Kabupaten Sintang.

“Kebijakan penutupan sementara layanan ini kami ambil mengingat pentingnya sterilisasi ruangan dan penelusuran kontak erat, kita do’akan bersama agar tidak ada lagi ditemukan kasus terkonfirmasi,” kata Cinghan.

Dikatakan Cinghan jika seluruh lapiasan masyarakat tetap menjaga kekompakan berupaya memutus mata rantai penularan virus corona penyebab covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan maka Wilayah tersebut dapat segera kembali ke zona hijau. (Tin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00