Percepatan Pembangunan PLBN Sungai Kelik, Tahun Depan Proses Lelang Dimulai

sungai_kelik.jpg

Deskripsi Gallery

KBRN, Sintang: 11 Pos Lintas Batas Negara PLBN di Indonesia memang diperintahkan untuk dipercepat pembangunannya dan salah satunya berada di Sungai Kelik, Kabupaten Sintang.

Demikian ditegaskan Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti saat rapat virtual  fasilitasi dan koordinasi pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik.

Menurutnya dari 11 PLBN tersebut , 7 PLBN sudah selesai. Sungai Kelik masih dalam tahap perencanaan dan siap untuk dibangun jika tanah sudah siap.

Menurut Diana, luas tanah yang diperlukan untuk membangun PLBN Sungai Kelik seluas 25, 15 hektar dengan total luas bangunan 11.800 meter persegi untuk zona inti dan zona pendukung.

Oleh sebab itu, lahan menjadi langkah awal yang penting sebelum tahap pengerjaan fisik dimulai.

"Tahapan pengadaan lahan akan dilanjutkan 2021. Dan lokasi pembangunan PLBN Sei Kelik adalah Hutan Produksi Terbatas yang sudah dikelola oleh masyarakat setempat," ungkapnya.

Selain akan menyusun dokumen perencanaan dampak sosial, Diana juga menyoroti soal isu strategis yang ada saat ini adalah terjadinya pergeseran patok lokasi pembangunan dari patok 499 ke 507 sehingga terjadi perubahan rencana detail tata ruang.

Lebih dari itu, akses menuju PLBN Sei Kelik yang belum layak sehingga akan memperlambat proses mobiliasi material dan orang.

Tahun 2021 pihaknya akan melakukan lelang proses pembangunan PLBN Sei Kelik sambil proses penyelesian pengadaan tanah. ( fik)

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Taufik Hidayat
  •   Tanggal : 18 Des 2020

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00