Sosialisasi Mitigasi Bencana Sasar Kaum Millenial

KBRN, Singaraja : Program kentongan yang digagas RRI Singaraja dengan melibatkan unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, Damkar dan PMI terus bersinergi melakukan sosialisasi. Sosialisasi yang digelar secara kontinyu, menyasar masyarakat, lembaga maupun kaum milenial di sekolah, mulai dari tingkat pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Buleleng, Drs. Putu Meles, MM, saat memaparkan antisipasi penanggulangan bencana terhadap siswa SMA Negeri 4 Singaraja, di Gedung Serba Guna sekolah setempat, Jumat (1/11/2019) mengungkapkan, kegiatan penanggulangan bencana secara rutin sudah dilakukan, yang nantinya diharapkan dapat mengurangi resiko bencana.

“Selalu melaksanakan kesiapsiagaan artinya kita selalu kita melaksanakan sosialisasi memberikan informasi kepada masyarakat baik itu mulai dari siswa termasuk TK, SMP, SMA termasuk lembaga-lembaga yang ada di Buleleng termasuk pengusaha pariwisata ini sudah kami berikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 4 Singaraja, Dr. Putu Gede Wartawan, S.Pd, M.Pd menyambut baik kegiatan tersebut, serta kedepan mengupayakan sosialisasi tentang mitigasi bencana dapat diketok tularkan kepada seluruh warga sekolah melalui OSIS, Pramuka, PMR, dan PKS.

“Tentunya pengetahuan ini bagi kami di sekolah sangat berguna sekali diberikan materi ini karena keterbatasan tempat dan waktu oleh karena itu sudah kami pilih ya dari Ambalan Pramuka, kemudian dari PMR, dari PKS, dari OSIS, dan ini menjadi ujung tombak dari pihak sekolah yang nantinya diharapkan memberikan wawasan ini kepada teman-temanya di anggotanya kemudian kepada seluruh siswa yang ada di SMA Negeri 4 Singaraja,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan salah seorang siswa dari kelas XI Bahasa 1. Menurutnya program ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentang mitigasi bencana bagi kalangan siswa.

“Menurut saya sih dengan program ini, itu sangat bagus banget untuk siswa yang ada di sekolah ini dan sekolah lain juga kan karena disini kita bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang kita gak dapat di sekolah kita juga. Jadi menambah wawasan kita terkait dengan apa yang disampaikan narasumber-narasumber yang ada,” ungkapnya.

Program berkesinambungan yang digagas RRI Singaraja dan disiarkan langsung melalui Programa 2, diikuti seluruh siswa SMA Negeri 4 Singaraja dari berbagai jurusan. Pada kegiatan tersebut, peserta mendapatkan sosialisasi dan arahan dari Basarnas, Damkar, PMI dan hadir pula Kepala RRI Singaraja, Ida Ayu Evi Handayani, SH. MH.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00