Perangkat Desa Sekumpul Antisipasi Cuaca Ekstrim

Ilustrasi ruas jalan desa Sekumpul yang sempat jebol beberapa waktu lalu

KBRN, Singaraja : Desa Sekumpul Kecamatan Sawan yang berada di wilayah perbukitan sangat rentan terjadinya bencana alam longsor, terutama di Banjar Dinas Lebah yang letaknya berada dibawah bukit.

Untuk mengantisipasi musibah tanah longsor yang bisa menimpa warga, Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta menghimbau masyarakat untuk waspada, dan menjauhi lokasi tatkala terjadi hujan lebat, terutama pada saat malam hari.

“Karena hujan deras dibarengi angin kencang bisa menimbulkan bahaya longsor dan pohon tumbang. Ketika terjadi situasi seperti ini warga agar segera mengungsi ke rumah keluarga yang  lokasinya aman dari bencana alam,” ucap Suarta kepada RRI.co.id, Selasa (18/1/2022).

Sejumlah langkah antisipasi juga dilakukan perangkat Desa Sekumpul dengan mengadakan gotong royong  membersihkan saluran air, baik di drainase atau got sepanjang jalan desa maupun saluran air persawahan, melibatkan warga maupun petani.

“Hal ini penting dilakukan, karena salah satu pemicu dari terjadinya bencana longsor adalah tersumbatnya got atau saluran air menuju persawahan,” pungkas Suarta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar