BPBD Buleleng Sinergi Lakukan Pencegahan Bencana

KBRN, Singaraja : Mitigasi dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng Jumat (26/11/2021) pagi dengan melakukan kegiatan gotong royong bertempat di Tukad Batupulu Desa pemaron bersama OPD terkait dan pemerintah Desa Pemaron serta masyarakat setempat untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang terjadi pada musim penghujan.

Sejumlah batang pohon dikeluarkan dari aliran sungai yang duduga sebagai penyumbat aliran sungai termasuk sampah-sampah yang masih tersangkut dibawah jembatan.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan, kegiatan gotong royong sebagai upaya mitigasi rutin dilakukan untuk mengantisipasi bencana dan meminta masyarakat untuk selalu waspada dengan potensi hujan yang meningkat dalam bulan ini.

“Musim hujan pada akhir bulan nopember dan menjelang desember tahun 2021 yang berpotensi la nina dari prakiraan BMKG, kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap waspada apabila hujannya lebat dan lebih dari satu jam, apabila berpergian hati-hati ini antisipasi terjadinya tanah longsor maupun bencana hydrometeriologi  lainnya,” jelasnya.

Selain melakukan pembersihan saluran sungai, BPBD Kabupaten Buleleng juga melakukan pemangkasan pohon perindang pada lintasan Jalan Singaraja Gilimanuk, dimana pada Jumat siang pemangkasan pohon dilaksanakan di desa Dencarik Kecamatan Banjar, pemangkasan pohon di sekitaran jalan Singaraja-Seririt untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang di musim hujan bersinergi dengan Aparatur Desa Dencarik, Aparatur Desa Banjar, Aparatur Camat Banjar, DLH Buleleng, PLN dan Babinkamtibmas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar