Stand Polres Buleleng Terbaik di BBMVER 2020

KBRN, Singaraja : Pemandangan di Pantai Mertasari Sanur, Sabtu (15/2/2020) sore tidak seperti biasanya. Mulai pukul 15.00 wita terlihat lautan manusia memenuhi tepi pantai. Mereka adalah peserta Bali Bhayangkara Medco Valentine Eco Run (BMMVER) 2020 yang dilepas langsung Kapolda Bali, Irjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose. 

Digelarnya BMMVER kali ini bertujuan untuk meyakinkan masyarakat internasional bahwa Provinsi Bali sangat nyaman untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata yang terkenal di manca negara. Hal ini dibuktikan peserta yang datang dari berbagai negara. Sebelumnya, BBMVER juga diawali dengan serangkaian kegiatan positif guna menunjukkan komitmen Polda Bali dalam menjaga keseimbangan alam seperti bersih-bersih sampah plastik dan juga penanaman pohon tingkat Polda maupun Polres jajaran yang  bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Polres Buleleng juga ikut ambil bagian dalam kegiatan BBMVER dengan mengikutsertakan personel, forkompinda serta unsur pendidikan seperti Undiksha Singaraja, SMA Taruna Singaraja dan sekolah menengah lain yang ada di Buleleng guna sekaligus memberikan edukasi sejak dini tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan bebas plastik demi generasi mendatang.

Kegiatan BBMVER juga dimeriahkan dengan puluhan stand yang dilombakan antar Polres dengan menggandeng pemerintah daerah sebagai media aktualisasi masing-masing wilayah dalam komitmennya menjaga kelestarian alam. Stand Polres Buleleng terpilih menjadi pemenang dalam lomba ini setelah melalui serangkaian penilaian dengan berbagai kriteria seperti penggunaan bahan non plastik.

Kecintaan terhadap lingkungan menjadi ide Kapolres Buleleng, AKBP I Made Sinar Subawa hingga mengkoordinir personilnya untuk menampilkan stand bertema “Bersama Polres dan Pemda Selamatkan Bumi - Hijaukan Buleleng”. Stand Polres Buleleng menggambarkan kecintaan terhadap lingkungan dan upaya menjaga lingkungan dari sampah plastik dengan pemandu yang memberikan penjelasan dari apa yang ditampilkan. Tampak dengan jelas di dalam ruang pameran, nuansa Buleleng yang di dalamnya terlihat kegiatan Kapolres Buleleng dan Bhayangkari bersama Forkompinda Buleleng serta unsur akademisi dalam kegiatan penghijauan, pembersihan pantai agar bebas dari plastik.

Diambilnya tema “Bersama Polres dan Pemda Selamatkan Bumi - Hijaukan Buleleng”, tidak terlepas dari konsep Tri Hita Karana yang mengajarkan kepada manusia untuk menghargai alam dan sesama. Kapolda Bali saat mengunjungi stand Polres Buleleng memberikan apresiasi atas kinerja yang dilakukan Polres Buleleng bersama Pemerintah Kabupaten Buleleng yang dinilai sangat bagus dengan menonjolkan kearifan lokal, seperti upaya daur ulang dari sampah plastik menjadi tong sampah, tempat bunga/pot, buah yang  dapat dijadikan kripik dan kulit buah manggis dapat dijadiakan minuman khas (brem).

“Sudah seharusnya kita menghargai alam dan memelihara alam karena banyak kontribusi yang telah diberikan oleh alam kepada umat manusia. Mari jadikan Bali yang ramah lingkungan untuk menjadi daya tarik  bagi wisata untuk berkunjung, Selamatkan Bumi - Hijaukan Buleleng,” ungkap Kapolres Buleleng usai menerima penghargaan dari Kapolda Bali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00