TNI Bersama Warga Bersihkan Saluran Drainase

KBRN, Bangli : Guna mengantisipasi terjadinya luapan air ke badan jalan yang dapat mengganggu arus lalulintas, Personel Kodim 1626 Bangli bersama masyarakat Banjar Tandang Buana, Desa Batur Selatan melakukan gotong royong pembersihan drainase Jumat (26/11/2021).

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana mengatakan, secara gotong royong personil Kodim bersama warga membersihan sampah berupa plastik, dedaunan dan sampah lainnya di saluran air atau drainase sepanjang 200 meter di desa setempat.

“Menurut warga memang disini drainase sering tersumbat sampah, sehingga aliran air hujan tidak lancar dan meluap ke jalan raya. Kondisi itu sangat membahayakan pengandara terutama pengandara bermotor. Jadi kita berinisiatif bersama warga untuk bersama-sama membersihkan,” ungkapnya.

Dandim menambahkan, jika sebagian besar sampah yang dipungut dari saluran drainase tersebut merupakan sampah plastik dan sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan oleh warga.

“Yang paling banyak kita pungut tadi sampah plastik yang dibuang sembarangan sehingga terbawa air hujan. Kalau dedaunan dan ranting pohon kan sampah alami,” imbuhnya.  

Dengan kondisi tersebut  pihaknya menghimbau warga agar peduli dengan lingkungan dengan tidak membuang sampah baik sampah rumah tangga ataupun sampah lainnya di sembarang tempat. Serta mengingatkan warga tentang protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum usai.

“Marilah kita sayangi lingkungan dengan prilaku hidup bersih, dengan buang sampah pada tempatnya. Jangan buang sampah di sembarang tempat apalagi disaluran drainase, karena itu akan membuat terjadinya bencana alam seperti banjir dan yang lainnya,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar