Sat Reskrim Polres Buleleng Dalami Fitnah Via Medsos

Kasi Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarjaya

KBRN, Singaraja : Jajaran Sat Reskrim Polres Buleleng masih terus mendalami laporan dugaan pencemaran nama baik dan fitnah telah membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bodong ke masyarakat dengan terlapor Komang Sujana (39) selaku Ketua Tim Relawan Cawi, Kadek Widana yang anggota DPRD Fraksi Gerindra Buleleng, fitnah tersebut melalui pesan Whatsapp yang telah beredar luas di masyarakat Desa Kayuputih.

Kasi Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarjaya, Senin (20/9/2021) sore saat dikonfirmasi membenarkan pemeriksaan terhadap pelapor berkaitan dengan laporan fitnah melalui media sosial dan penanganan kasus tersebut masih dalam penyelidikan.

"Kasusnya kan masih dumas, pengaduan masyarakat, hari ini konfirmasi pengadu masih penyelidikan untuk kumpulkan bukti dan keterangan saksi. Kalau bukti sudah cukup dan ditemukan ada peristiwa pidana, akan ditingkatkan ke penyidikan, kasus ini masi penyelidikan ya," jelas Sumarjaya.

Sementara, dalam penanganan kasus tersebut, pihak penyidik Unit II Satreskrim Polres Buleleng telah memanggil Sujana selaku pelapor untuk dapat dimintai keterangan, sementara terlapor dalam kasus ini yakni NA yang diduga sebagai pemilik nomor WhatsApp yang menyebarkan informasi tersebut, sehingga oleh polisi dijerat dengan dugaan tindak pidana Undang-undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), bahkan pesan yang beredar mengarah pada pencemaran nama baik, bahkan perbuatan pelaku dikuatkan dengan barang bukti yang sudah diserahkan pelapor ke penyidik berupa screenshot pesan WhatsApp yang dibuat terlapor.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00