Implementasikan Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Undiksha Singaraja Jalin Kerjasama IAHN-TP Palangka Raya.

KBRN, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha - Undiksha Singaraja menjalin kerjasama dengan Institut Agama Hindu Negeri  Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya. Penandatanganan nota kesepahamannya berlangsung di Rektorat Undiksha, Kamis (19/11/2020).

Dari pihak Undiksha, dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I, didampingi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Prof. Dr. I Gede Astra Wesnawa, M.Si, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Drs. I Made Yasa, Kabag Perencanaan dan Kerjasama, I Gusti Putu Anom Arimbawa, S.T, serta Kasubag Kerjasama, I Ketut Iwan Krisna, S.E. Sementara itu dari IAHN-TP Palangka Raya, hadir langsung Rektor, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil, didampingi Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Keuangan, Dr. Drs. Ida Bagus Gede Subawa, M.Si.

Pada pertemuan yang berlangsung singkat itu, Wakil Rektor Undiksha, Rasben Dantes menyampaikan di tengah kebijakan merdeka belajar dan kampus merdeka yang digulirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kolaborasi antarperguruan tinggi sangat perlu dilakukan, disamping dengan sektor usaha maupun industri. “Saya berharap kerjasama ini bisa kita terus bangun. Terlebih saat ini pemerintah sedang semangat-semangatnya memotivasi perguruan tinggi untuk mengimplementasikan kebijakan merdeka belajar dan kampus merdeka,” ungkapnya.

Kerjasama lain yang dapat dijalin, menurut akademisi bidang teknik informatika ini adalah berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui hal tersebut, diharapkan dapat membangun sumber daya manusia yang unggul untuk menjadikan bangsa semakin berdaya saing. 

Rektor IAHN-TP Palangka Raya, Subagiasta mengatakan saat ini pihaknya tengah menggenjot peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya tenaga pendidik. Hal ini yang diharapkan dapat dikerjasamakan lebih lanjut dengan Undiksha. “Kerjasama dengan Undiksha sebenarnya sudah ada sejak lama. Tetapi lebih dulu action-nya. Sekarang ini kita jalin lagi dengan ada hitam di atas putih,” ucapnya.

Disampaikan lebih lanjut, saat ini sudah ada dua dosennnya yang menempuh pendidikan doktor di Undiksha. “Kami terus mendorong dosen untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan. Sekarang sudah ada kuliah disini (Undiksha, red),” katanya. Akademisi asal Kabupaten Tabanan ini juga sepakat untuk mengembangkan kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Tentu kami sangat mendukung hal ini,” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00