Komitmen Wujudkan Pusat Layanan Unggulan, Prodi Penjaskesrek Undiksha Hasilkan Pedoman Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Pusat Layanan Unggulan, Penjaskesrek gelar FGD

KBRN, Singaraja: Implementasi program merdeka belajar, Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha terus berlanjut. Kegiatan berkesinambungan yang dikemas dalam Focus Group Discusion hasilkan lima pedoman Implementasi program merdeka belajar- Kampus Merdeka. Untuk diketahui, kegiatan serupa sebelumnya digelar Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Fakultas Olahraga dan Kesehatan Undiksha.

Focus Group Discusion (FGD) dan Workshop secara offline dan online digelar guna menyusun panduan/pedoman untuk dijadikan acuan implementasi program merdeka belajar dan kampus merdeka di tingkat program studi. Dibuka di Kampus Undiksha Desa Jinengdalem, Rabu  (11/11/2020) salah satu tahapan Program Center of Excellence (CoE) yang menuntut perguruan tinggi untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif. Kegiatan berlangsung 11-13 Nopember 2020.

Dr. I Ketut Semarayasa, S.Pd.,M.Or. dalam laporan selaku Ketua Panitia, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk memperoleh informasi dan masukan terkait dengan implementasi program merdeka belajar dan kampus merdeka di tingkat program studi.

”Ada 5 panduan salah satunya yaitu panduan terkait dengan asistensi mengajar, tentang pertukaran pelajaran, membangun desa, dan mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah diluar program studi di tingkat perguruan tinggi,” ungkapnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. I Gede Rasben Dantes, S.T M TI. mengungkapkan  bahwa program merdeka belajar bisa menjadi acuan bagi prodi lain, dan  juga memberikan pengalaman lebih untuk mahasiswa di lapangan.

Lebih jauh disampaikan, pedoman yang disusun diharapkan menjadi acuan bagi prodi lain untuk bisa membuat pedomannya masing-masing, sehingga kegiatan merdeka belajar ditujukan untuk memberikan experience yang lebih terkait dengan pengalaman lapangan.

”Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya karena hibah ini berbasis kompetisi jadi tidak semua program studi di seluruh Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk CoE, khusus di Penjaskesrek ini kita mendapatkan untuk skema satu, jadi bagaimana Dekan dan teman-teman di FOK menyusun program belajar merdeka untuk mahasiswa kedepan,”tegasnya.

Hal yang ingin dituju dalam program merdeka belajar-kampus merdeka di Undiksha adalah bisa membangun jaringan dan mengajak dunia usaha yang terkait untuk bekerjasama dengan fakultas olahraga dan kesehatan. Kedepan program ini diharapkan bisa menjadi landasan transformasi bagi perguruan tinggi di Indonesia khususnya di Undiksha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00