Restrukturisasi Kurikulum Kampus Merdeka Siap Jadikan FOK Undiksha Pusat Layanan Unggulan

Workshop Restrukturisasi Kurikulum Kampus Merdeka FOK Undiksha dibuka Wakil Rektor I Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes

KBRN, Singaraja: Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) diharapkan menjadi Center of Excellence atau Pusat Layanan Unggulan terlebih dukungan fasilitas yang luar biasa untuk mewujudkan hal tersebut. Komitmen itu dideklarasikan Wakil Rektor I Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I. saat membuka workshop Restrukturisasi Kurikulum Kampus Merdeka secara offline dan online, Jumat (10/7/2020) di kampus FOK Jinengdalem.

“FOK sebagai salah satu fakultas yang menjadi ujung tombak Undiksha, terutama dalam bidang olahraga. Selain memiliki konten yang memadai, juga memiliki keunggulan. Memiliki potensi untuk mengembangkan diri karena Undiksha terletak di Bali, banyak jenis sport science yang bisa dikembangkan disini”, ujarnya.

Workshop Restrukturisasi Kurikulum Kampus Merdeka merupakan tindaklanjut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, sehingga FOK Undiksha merespon dengan cepat menggelar upaya perbaikan kurikulum dengan harapan kedepan fakultas yang lahir tahun 1988 itu mampu menciptakan output Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

Pada kesempatan ini, Rasben memberikan pengantar terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kemendikbud RI. “Mengembangkan suatu lembaga tidak hanya cukup mengembangkan SDM, juga memperluas kesempatan orang untuk masuk ke Undiksha dengan menumbuhkan program studi yang unik. Ke depan kita harus berpikir melihat potensi yang dimiliki. Sehingga dengan ini bagaimana FOK menjadi Center of Excellence dari bidang olahraga”, imbuh WR I Undiksha Singaraja.

Sementara itu untuk menjawab tantangan kedepan, Wakil Dekan I FOK Undiksha, I Ketut Yoda, S.Pd., M.Or dikonfirmasi RRI mengungkapkan FOK berkomitmen untuk mewujudkan dan mengawal kebijakan yang diamanatkan dari pusat. Dengan adanya misi untuk mewujudkan FOK sebagai Center of Excellence, butuh dukungan stakeholder terkait.

“Tantangan berat bagi kami semua, tapi ini harus kita kerjakan dengan baik sehingga kedepan keberadaan FOK kian eksis untuk melahirkan output SDM unggul yang siap. Kita juga ditantang dan diberi kebebasan, kedepan akan rancang Prodi baru yang memiliki keunikan tersendiri, Strata 1 (S-1) Pendidikan Olahraga Pariwisata kita bidik dan kita wujudkan secepatnya,” ungkap Ketut Yoda.

Ketua Panitia, I Gede Suwiwa, S,Pd.,M.Pd menjelaskan sebelum workshop ini digelar, telah dilakukan penyusunan draft kurikulum di program studi masing-masing. Dalam workshop ini, selain mendengar pemaparan materi dari narasumber, diharapkan juga ada masukan dari peserta maupun stake holder terkait. “Masukan ini akan didiskusikan lagi terkait draft kurikulum yang akan difinalisasi nantinya”, imbuhnya.

Kurikulum Merdeka Belajar rencananya diterapkan pada semester gasal 2020/2021 ini akan diberlakukan pada mahasiswa baru FOK UNdiksha Singaraja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00