Undiksha Dorong Mahasiswa Berwirausaha

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat, dan Alumni Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., melihat produk kewirausahaan yang dipamerkan FIP Undiksha.

KBRN, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mendorong mahasiswa untuk terjun di bidang kewirausahaan. Selain untuk menjawab Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, keterampilan berwirausaha juga penting sebagai bekal untuk menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat. Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat, dan Alumni Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., saat membuka Soft Launching Pameran Kewirausahaan yang digelar oleh Gugus Bisnis dan Kewirausahaan Fakultas Ilmu Pendidikan, Selasa (28/06/2022).

Wakil Rektor yang pernah menjabat sebagai Direktur Pascasarjana Undiksha ini menegaskan Undiksha sangat mendukung mahasiswa untuk terjun ke dunia usaha. Dukungan selama ini ditunjukkan dengan pendanaan, pembinaan dan pendampingan. Selain itu, Undiksha melalui Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (UPT PKKM) gencar melakukan sosialisasi. “Keberhasilan mahasiswa dalam berwirausaha dapat meningkatkan ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Jadi bagi mahasiswa yang ingin menjadi Startup, kita dari kemahasiswaan siap mendukung, terutama pada pendanaannya,” tegasnya.

Dijelaskan, terjun di bidang kewirausahaan, mahasiswa tidak hanya sekadar membuat produk yang sudah biasa ada di pasaran. Lebih dari itu juga harus mampu membaca peluang pasar, mampu berinovasi, dan memiliki kreativitas. “Kewirausahaan ini juga arahnya bisa membantu masyarakat. Bisa memberikan sebuah inovasi,” ungkapnya.  

Secara khusus, ia memberikan apresiasi atas pameran yang digelar oleh FIP. Ruang ini dinilai dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa yang penting untuk menambah kompetensi diri, melengkapi kompetensi akademik yang didapatkan melalui bangku kuliah. Pameran ini menyuguhkan sejumlah produk, mulai dari makanan dan minuman, kerajinan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar