Belajar di RRI: Ajang Kreatifitas Guru Mengajar dengan Gaya Kekinian

KBRN, Singaraja: Keberadaan Program Ibu Pertiwi Memanggil “Belajar di RRI” kian mendapat tempat tak hanya kalangan masyarakat namun juga tenaga pengajar di Buleleng. Terbukti siaran yang diluncurkan RRI Singaraja sejak 27 Maret 2020 lalu mendapat apresiasi oleh tenaga pendidik di Buleleng.

Belajar di RRI merupakan program anyar yang diluncurkan Lembaga Penyiaran Publik (LPP RRI) di seluruh Indonesia untuk menjembatani proses belajar mengajar dari guru kepada siswa ditengah kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk tetap belajar dirumah saat pandemi virus korona (Covid-19) merebak.

Kepala SMP Negeri 1 Singaraja, Dra Ni Putu Karnadhi Msi ketika dikonfirmasi mengatakan, Program Belajar di RRI merupakan sarana edukasi kekinian dengan menanfaatkan teknologi yang dapat mempermudah guru memberikan pengajaran tanpa bertatap muka langsung. Terlebih saran untuk melakukan social distancing yang digaungkan. Menurut Kasek Karnadi, siaran Belajar di RRI merangsang guru untuk memberikan metoda dan gaya belajar yang menyenangkan sehingga menumbuhkan antusias belajar siswa.

“Momentum yang diambil RRI sangat tepat saat pandemi virus Korona, fungsi RRI sebagai sarana edukasi hadir ditengah-tengah masyarakat. Guru-guru kami sangat termotivasi untuk mengajar melalui siaran Radio, tentunya ini menambah kualifikasi dalam mengajar. Sebelumnya SMPN 1 Singaraja telah menerapkan pembelajaran online,” ungkapnya.

Bahkan untuk mempertegas komitmen dukungan sekolah yang dipimpinnya, Karnadi mengajak seluruh siswa untuk mendengarkan siaran Belajar di RRI.

“Kami ajak anak didik untuk mendengarkan gurunya memberikan pelajaran lewat radio atau diakses lewat aplikasi RRI Play Go di smarthphone mereka. Mereka antusias bahkan siswa berlomba-lomba mengirim pertanyaan dan memecahkan masalah melalui pembelajaran yang disampaikan melalui siaran RRI Singaraja,” tegas Karnadi.

Sementara dikonfirmasi terpisah, Andang tenaga pengajar Bahasa Inggris di SMPN 1 Singaraja saat mengisi mata acara Belajar di RRI menyambut baik program yang digulirkan RRI. Dirinya termotivasi untuk memberikan pembelajaran via audio karna mampu mengasah kemampuan siswa untuk berpikir cepat.

“Sangat menarik, antusias siswa mendengarkan pembelajaran lewat radio bahkan cukup tinggi. Tantangannya berbeda dengan proses belajar di kelas sehingga kita termotifasi untuk bagaimana mengajar dengan kreatif. Durasi satu jam tidak terasa, kalau bisa ditambah durasinya,” ungkap Andang.

Program siaran belajar dari rumah ini disiarkan RRI Singaraja, Senin-Jumat Pukul 11.00 WITA melalui melalui siaran teristerial FM 97.9 MHz, AM 1080 KHz (Programa 1) dan FM 105,4MHz (Programa 2) serta audio streaming via RRI Play Go.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00