Pupuh Sinom dan Pantun, Kado Spesial untuk Tribaja

Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A. saat sambutan mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng
Ketua Komite Sekolah, Drs. Dewa Nyoman Subiama, M.Pd.

KBRN, Singaraja: Aula sekolah SD Negeri 3 Banjar Jawa, Selasa (16/8/2022) sejak pukul 08.30 Wita dipenuhi oleh siswa-siswi kelas 1 sampai 6, untuk bersama merayakan puncak HUT Tribaja ke-57.

Turut hadir Sekretaris Dinas Kabupaten Buleleng yang didampingi Kabid Pembinaan SD mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Korwil Kecamatan Buleleng, Ketua Komite Sekolah, Lurah Banjar Jawa, Paguyuban orangtua, serta para Guru dan pegawai.

Dalam sambutannya, Ketua Komite Sekolah, Drs. Dewa Nyoman Subiama, M.Pd. berterimakasih kepada pihak sekolah, rekan komite serta paguyuban orangtua siswa.

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada pihak sekolah, utamanya Kepala Sekolah yang selama ini betul- betul totalitas. Serta Ibu Bapak guru, juga rekan-rekan komite serta paguyuban yang belakangan ini saya amati betul-betul mencurahkan segala perhatiannya, kemampuannya dan kebolehannya untuk kemajuan sekolah SD Tribaja,” ucap Dewa.

Mengakhiri sambutannya Dewa Subiama memberikan sebuah kado spesial kepada SD Tribaja, berupa tembang Bali “Pupuh Sinom”.

“Izin maaf pak sekdis, perkenankan saya mau ngasi kado untuk sekolah kita, boleh ya?, kadonya tidak dibungkus Bapak Ibu semua, tapi sebuah tembang Bali, mudah-mudahan bisa menginspirasi untuk sekolah kita, dan agar tetap seimbang dalam melestarikan lagu Bali dan Nasional,” ujar Dewa yang langsung membawakan Pupuh Sinom tersebut.

Sementara itu, dalam sambutannya, Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A. mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng mengawali dengan sebuah pantun ucapan selamat, sebagai hadiah untuk SD Tribaja yang berulangtahun.

“Pak Camat ke alun-alun berlari memakai kemeja. Kemeja baru dibeli di pasar Banyuasri. Selamat ulang tahun SD Tribaja, semoga Tribaja semakin berprestasi dan asri,” ucapnya berpantun.

Bagus Surya menekankan, sesuai tema HUT Tribaja tahun 2022 “Kita Tingkatkan Pelayanan Keberagaman Potensi Peserta Didik Menuju Prestasi” maka hendaknya sekolah mendukung siswa Tribaja sesuai minat dan bakatnya.

“Ada beragam potensi yang dimiliki oleh anak-anak kita Bapak Ibu, jadi kedepan gayung bersambut dengan komitmen pemerintah untuk meningkatkan pendidikan melalui terciptanya profil pelajar Pancasila berfokus pada pembelajaran berdiferensiasi yaitu melayani siswa sesuai bakat alam dan bakat keadaan yang ada, ujar Bagus Surya.

Mengakhiri sambutannya, Bagus Surya kembali memberikan pantun.

“Saya berikan satu buah kado lagi mau gak? Oke, pantun juga ya. Pak Bawa menanam duren. SD 3 Banjar Jawa nak mule keren (SD 3 Banjar Jawa memang keren),” katanya mengakhiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar