Sambut HUT RI, RRI Singaraja Gelar Lomba Menyanyikan Lagu Kemerdekaan

KBRN, Singaraja: Dalam rangka menyambut HUT RI Ke-77 tahun 2022, LPP RRI Singaraja menggelar lomba menyanyikan lagu kemerdekaan Indonesia tingkat TK Se-Buleleng. Lomba yang pertama kali dilaksanakan saat pandemi Covid-19 ini, disambut antusias oleh masyarakat. Terbukti dengan membludaknya peserta yang mendaftar dari 100 kuota yang dibuka panitia, ada sebanyak 125 siswa yang mendaftar.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Buleleng, Desak Sri Yulistiawati mengatakan IGTKI Kabupaten Buleleng sangat menyambut baik kegiatan lomba menyanyikan lagu kemerdekaan ini. Menurutnya hal ini sejalan dengan penerapan kurikulum merdeka yang saat ini diterapkan disemua jenjang pendidikan, menekankan penanaman karakter dan profil pancasila kepada anak didik menjadi hal utama.

“Dengan adanya lomba ini, secara tidak langsung tumbuh rasa cinta tanah air dan nasionalisme sejak dini,” ujar kepala sekolah TK Laksamana ini menegaskan.

Desak Sri berharap lomba semacam ini bisa dilakukan secara berkelanjutan sehingga nantinya bisa menciptakan anak didik yang berkarakter, berakhlak mulia serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Salah satu guru yang ikut mendampingi siswanya berlomba, Made Sri Maha Pramini mengatakan sangat berterimakasih kepada RRI karena menyediakan panggung bagi anak-anak untuk berekspresi dan berkreativitas dalam menyanyikan lagu kemerdekaan. Menurutnya, lomba semacam ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme pada anak.

“Mudah-mudahan nantinya anak-anak bisa memiliki jiwa patriot seperti pahlawan-pahlawan lainnya,” ucapnya menjelaskan.

Sementara itu Lukita, orang tua peserta lomba menyanyikan lagu kemerdekaan juga sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba semacam ini. Selain melatih perkembangan anak terutama mental, juga bisa membangkitkan semangat kebangsaan pada si anak.

“Lomba kaya gini bagus ya untuk melatih mental anak untuk tampil didepan orang banyak,” ucapnya mengakhiri.

Selain lomba menyanyikan lagu kemerdekaan, pada hari yang sama juga digelar bazaar UMKM bertempat di halaman RRI Singaraja yang diikuti sebanyak 15 UMKM yang ada di Kabupaten Buleleng.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar