Vaksin Booster Telah Dilayani di Seluruh Puskesmas di Buleleng

Kadis Kesehatan dr. Sucipto dalam dialog interaktif Lintas Singaraja Pagi di Pro 1 RRI singaraja, Kamis (20/1/2022) pagi

KBRN, Singaraja : Pelayanan vaksinasi dosis ketiga atau booster vaksin Covid-19 sudah dilaksanakan di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Buleleng mulai hari ini, Kamis (20/1/2022).

Kepala Dinas Kesehatan dr. Sucipto mengatakan vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster) ini merupakan vaksinasi Covid-19 setelah masyarakat mendapat vaksinasi primer dosis lengkap, yang diberikan kepada masyarakat yang berumur 18 tahun keatas, memiliki interval waktu vaksinasi dosis kedua dengan booster ini enam bulan atau lebih. 

Lebih lanjut dr. Sucipto menjelaskan skema pemberian vaksin lanjutan (booster) ini dilakukan dengan menggunakan vaksin yang tersedia melalui dua mekanisme.

“Yang pertama homolog dengan menggunakan vaksin yang sama dengan vaksin primer yang telah didapat sebelumnya. Yang kedua heterolog pemberiaan booster dengan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer yang didapat sebelumnya. Ketersediaan vaksin saat ini cuma ada Sinovac dan Astra Zeneca. Nanti sasaran booster ini menggunakan vaksin yang tersedia,” jelas Kadis Kesehatan dalam dialog interaktif Lintas Singaraja Pagi di Pro 1 RRI singaraja, Kamis (20/1/2022) pagi.

Untuk mendapatkan layanan vaksin booster masyarakat cukup datang ke puskesmas dengan membawa foto kopi KTP dan sertifikat vaksin kedua.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar