Vaksin Booster Aman Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Ilustrasi ibu hamil dan menyusui (Foto: Klikdokter)

Vaksin Covid-19 maupun booster dipastikan aman bagi ibu hamil dan menyusui. Hal ini diutarakan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro. Prioritas pemberian vaksinasi booster pada wanita hamil lantaran mereka memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19 khususnya pada wanita hamil dengan kondisi medis tertentu. Dokter Spesialis Kandungan Klinik Permata Bunda – dr Putra Sedana Sp.OG juga mengamini bahwa Pemberian vaksin pada ibu hamil dapat membantu meningkatkan imunitas. Namun juga perlu memperhatikan syarat vaksinasi yakni setelah trisemester kedua dan tidak ada gangguan kesehatan maka bisa langsung divaksinasi.

“Yang jelas booster ini artinya penguatan. Booster ini sangat penting bagi ibu hamil karena ibu hamil merupakan salah satu yang rentan terhadap virus ini. Jadi booster ini bisa meningkatkan imunitas bagi ibu hamil, apalagi kita tahu ada varian-varian baru virus Corona. Untuk pemberian booster kita masih mengacu pada FOGI yaitu diatas 13 minggu usia kehamilan.

Ditambahkan dr. Putra sedana Sp. OG ibu hamil tidak perlu khawatir pada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) setelah pemberian vaksin booster karena  sebagian orang gejala bisa lebih ringan daripada dosis 1 dan 2. Namun KIPI reaksi vaksin dalam tubuh dapat berbeda pada masing-masing individu. Ibu Ina 23 Tahun yang saat ini tengah menyusui mengatakan dirinya siap divaksin booster.

“Saya sudah siap karena menurut saya itu aman,” ungkapnya

Sementara di kabupaten Buleleng giat vaksin booster sudah mulai dilakukan dengan syarat Pemberian vaksin booster memiliki syarat berusia 18 tahun ke atas dan sudah divaksin 6 bulan sebelumnya atau lebih untuk dosis 2.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar