Ketahui Beda Gejala Virus Corona dengan Batuk Pilek Biasa

Tim DPJP Covid-19 RSUD Kabupaten Buleleng, dr. Made Widiastika, Sp.PD

KBRN, Singaraja : Pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat khawatir akan kondisi kesehatannya terutama ketika mengalami batuk atau pilek karena penyakit ini juga merupakan gejala umum dari Covid-19. Lalu bagaimana cara membedakan batuk atau pilek biasa dengan gejala Covid-19?

Menurut Tim DPJP Covid-19 RSUD Kabupaten Buleleng, dr. Made Widiastika, Sp.PD untuk memastikan keluhan batuk pilek biasa atau gejala Covid-19 harus dilakukan pemeriksaan atau konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

“Misalnya kami dalam menentukan gejala-gejala khas pada penderita Covid-19 yang berkaitan dengan batuk pilek, kami dokter akan mencari gejalan yang lain. Ada beberapa kriteria lain yang harus kami temukan untuk memastikan apakah merupakan gejala Covid-19 atau tidak untuk menghindari kesan jika pasien 'dicovidkan'. Sehingga gejala-gejala batuk pilek tersebut akan dimasukkan kedalam beberapa criteria misalnya apakah gejala batuk pilek disertai minimal 2-3 gejala penyerta lainnya seperti demam, nyeri otot atau kelelahan dan diare apalagi disertai dengan sesak atau bernafas yang berat,” ungkap dokter yang akrab disapa dr. Widi kepada RRI, Jumat (23/7/2021) siang.

Dokter Widi menambahkan selain memastikan gejala-gejala tersebut, penderita Covid-19 juga bisa ditentukan melalui kriteria epidemologis misalnya apakah penderita yang memiliki keluhan batuk pilek sebelumnya pernah kontak erat dengan penderita atau keluarga yang didiagnosis Covid-19, bergajala yang sama mirip dengan gejala Covid-19 dan diderita oleh beberapa orang, usai bepergian dari daerah yang memiliki transmisi lokal tinggi (zona merah), atau penderita merupakan tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00