Tiga Tahun Sunda Kecil Band Luncurkan Single Keempat

Personil Sunda Kecil Band

KBRN, Singaraja : Sunda Kecil merupakan band asal Buleleng yang baru 3 tahun terbentuk, tetapi mampu menggebrak blantika musik Bali.

Bagaimana tidak, personilnya merupakan musisi-musisi yang telah lama berkecimpung di dunia musik. Seperti misalnya Arya Suarnata sang vokalis jebolan Bintang Radio Indonesia ini tak perlu diragukan soal kualitas suara, Edie Adjah sang guitaris merupakan gitaris berbagai grup akustik dan band bar di kawasan lovina, Wawan drumer handal Buleleng yang sudah buka sekolah drum, Dede sang bassis dan Indra saxophone (keybord) yang sudah tercatat namanya di ajang festival band remaja.

Dengan gabungan musisi ternama di Buleleng itu, Sunda Kecil siap memberikan sebuah karya yang begitu apik untuk penggemar musik Bali.

Terbentuk 1 Juni menjelang Bulfest 2017 tiga tahun silam, band Sunda Kecil waktu itu menggebrak belantika musik Bali dengan single perdananya yang berjudul “Mbok”

Sunda Kecil Band sendiri diperkuat dengan alunan instrumen musik Pop yang dikemas sedetail mungkin oleh seorang arranger yang menaungi Manajemen Supercond Music yang sudah tidak asing lagi yaitu Gusti Bayu, seorang fotografer dan musisi dengan jam terbang yang lumayan dalam bermusik di dalam maupun diluar Bali.

Pemilihan nama Sunda Kecil terinspirasi dari spirit perjuangan rakyat Buleleng. Manajer band, Emilia mengungkapkan, jika Buleleng dahulu merupakan pusat pemerintahan di Bali Nusa Tenggara dengan sebutan Sunda Kecil. 

“Kita terinspirasi spirit perjuangan rakyat Buleleng jaman dahulu yang begitu gigih dan inovatif,” tegasnya.

Pihaknya berharap Band Sunda Kecil ini bisa tampil kreatif dan inovatif dalam bidang musik sebagaimana tempo dulu para pejuang menunjukkan semangat dan kegigihannya. Sukses merilis single pertama berjudul “Mbok”, single kedua “Kangen” dan single ketiga yang berjudul “Mewali” kini Sunda Kecil Band makin mengukuhkan eksistensinya di jagat musik pop Bali dengan kembali merilis single keempat yang bertajuk “Layu Setonden Kembang”.

Lagu ini menceritakan tentang Bagaimana seorang anak yang baru tumbuh remaja, yang dulunya dikenal polos, lugu, pemalu dan baik hati, kini mendadak berubah 180' kelakuannya setelah beranjak dewasa akibat pengaruh perkembangan zaman yang semakin modern sekarang ini.

“Dan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa faktor lingkungan juga yang sangat mempengaruhi sifat kenakalan remaja jadi tumbuh berkembang di setiap anak zaman now, istilah sekarang,” tegas Manager Sunda Kecil Band, Emilia saat peluncuran single keempat, Senin (1/6/2020) sore, bertepatan hari ulang tahun Sunda Kecil Band yang ke-3.

Tidak hanya itu eksistensi Sunda Kecil Band semakin terlihat cemerlang dengan semakin meningkatnya aksi panggung sebagai band pendatang baru ini di event populer masyarakat Bali dan terlihat juga dari beberapa banyak request di stasiun-stasiun radio.

“Meski sekarang masa sulit karena pandemi Covid-19, tapi kami tidak ingin masalah itu dijadikan alasan untuk tidak berkarya, malahan kita harus buktikan kepada para penikmat seni bahwa Sunda Kecil Band tetap berperoses di masa sulit seperti sekarang ini,” tambah Emilia.

Lebih jauh Emilia yang akrab disapa Cece didampingi musisi keren Supercond Gusti Bayu yang sekaligus produser Sunda Kecil Band menyatakan, pemilihan tema dibuat sederhana dan mengangkat permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya kalangan remaja.

“Kita ingin berkarya yang simpel dengan materi yang mudah diterima masyarakat,” tegas Gusti Bayu.

Gusti Bayu menambahkan musisi Pop Bali saat ini dituntut lebih kreatif dalam menciptakan lagu agar mudah diterima masyarakat dan tetap eksis. Baik Cece maupun Gusti Bayu berharap single “Layu Setonden Kembang” ini dapat diterima masyarakat dan para pencinta musik pop Bali.

“Serta tak lupa terus mendukung Sunda Kecil berkarya dan berharap musisi Singaraja dan Bali agar terus berkarya dan selalu solid,” pungkas mereka berdua.

Para personil Sunda Kecil Band juga mengucapkan syukur dan berharap album ke-4 mereka dapat diterima penikmat musik Pop Bali.

“Tidak lupa juga kita bersyukur kepada-Nya dan kita ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Supercond Music dan semua pihak yang sudah support karya kita sehingga bisa dinikmati seperti sekarang ini,” tegas Edy adjah, sang gitaris.

“Tidak lupa kita ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para sponsor yang telah membantu menyukseskan acara perayaan HUT Sunda Kecil Band yang ke-3 di tahun ini. Semoga kedepan kita tetap solid antar musisi Bali. Salam Sukses buat pelaku seni di Bali,” pungkas sang vokalis, Arya Suarnatha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00