Awal Maret Terpantau Tak Ada Tanda Pariwisata Lovina Bangkit

Kawasan sentral Lovina akibat dampak covid-19

KBRN, Singaraja: Kalangan pelaku pada objek wisata Lovina, Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali terus keluhkan sepinya pengunjung disalah satu objek daya tarik wisata. Pantauan dilapangan awal bulan Maret ini tak ada nampaknya tanda-tanda akan pariwisata bangkit.

Padahal pengalaman sebelumnya, wisatawan hendak mulai ramai bertadangan awal Maret untuk menikmati keindahan dan eksotisme pantai di Bali Utara, selain hal yang dinanti bagi wisatawan adalah merasakan tradisi hari raya nyepi.

Kondisi ini memukul telak puluhan pedagang aneka cenderamata yang hampir gulung tikar. Pendapatan menurun tajam hingga lebih dari 95 persen dibandingkan ketika Lovina sedang ramai-ramainya dikunjungi wisatawan.

Made Madra merasakan dampak pun menuturkan pilunya kondisi yang dialami. Tak banyak hal bisa dilakukan ketika kawasan Lovina tempat menggantungkan hidup kini mati suri.

“Pendapatan jauh menurun. Mengandalkan berjualan di pantai sulit karena yang berkunjung tidak ada. Ataupun jika ada mereka memilih untuk tidak berbelanja. Harus disisasati, kadang saya datang langsung ke hotel dan villa untuk berjualan cindra mata,” tuturnya.

Hal sama juga dirasakan para tour guide lumba-lumba yang kebanyakan dari mereka memilih untuk memarkir perahunya. Jika aktifitas pagi buta biasanya mereka harus mengantar tamu, namun saat ini sebagian dari mereka hanya mengisi hari untuk membersihakn dan melakukan perawatan.

“Biasanya jelang hari raya Nyepi pasti ramai wisatawan yang datang ke Lovina. Menikmati perjalanan untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba. Namun sekarang kami pilih memarkir perahu karena tidak ada aktifitas pariwsata yang mulai bangkit,” tutur Made Sili.

Dampak covid-19 berpengaruh besar terhadap sektor pariwisata di Bali, tak terkecuali Lovina. Kondisi ini dirasakan tahun lalu saat Badan Nasional Penanggulangabn Bencana (BNPB) merilis covid-19 masuk di Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00