Suguhkan Konsep Unik dalam Hunting Charity, Desa Pedawa Diburu Fotografer Regional dan Nasional

KBRN, Singaraja: Sejumlah fotografer regional dan Nasional dukung Charity Photo Hunting bertajuk Eksotik Pedawa yang digelar Komunitas Semut Bali Aga Pedawa (Balawa), Sabtu (26/12/2020) di Rumah Adat Bandung Rangki, Desa Pedawa, Banjar, Buleleng, Bali. Konsep yang disuguhkan bahkan direspon positif oleh kalangan fotografer tak hanya datang dari Buleleng, namun luar kabupaten bahkan seniman dari luar Bali. Mereka yang datang berbondong-bondong membawa donasi untuk selanjutnya didistribusikan kepada warga terdampak covid 19.

Pembina Balawa, Arya Kekan mengatakan, Charity Photo Hunting bertajuk Eksotik Pedawa merupakan salah satu kegiatan dalam rangka HUT Balawa ke-3 yang jatuh 31 Desember nanti. Ajang kemanusiaan yang diinisiasi bahkan sekaligus betujuan untuk mengenalkan kearifan lokal salah satu desa Bali Aga yang masuk dalam kawasan strategis pariwisata nasional.

"Respon fotografer luar biasa, kita sebar informasi di sosial media ternyata berhasil mengetuk simpati dari berbagai unsur baik suasta, individu, komunitas sosial, termasuk pemerintah," ungkapnya.

Dilain sisi Ketua Balawa, Yohanes Adi Saputra usai kegiatan mengapresiasi kegiatan yang pertama kali digelar. Sebagai leader generasi milenial yang tergabung dalam komunitas Balawa, pihaknya akan berupaya menyuguhkan kegiatan serupa dengan menginovasikan cara yang dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan Desa Pedawa.

"Barang tentu kedepan ini akan kita maksimalkan, dan kami akan terus bergerak untuk membantu sesama dengan cara sederhana namun memberi manfaat yang luar biasa," imbuh Yohanes.

Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra yang hadir dalam kegiatan HUT ke-3 Balawa turut mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh sejumlah muda-mudi yang tergabung dalam komunitas sosial itu. Charity Photo Hunting melalui informasi sosial media direspon cepat dengan memberikan dukungan penuh terhadap kemajuan Desa Pedawa. Menurut Sutjidra aksi kemanusiaan yang dikemas dalam Charity Photo Hunting merupakan langkah strategis untuk membantu mengangkat potensi pedawa dikenal oleh masyarakat luas.

"Langkah ini luar biasa, dan mendapat apresiasi yang sangat tinggi. Terbukti acara berhasil mengundang fotografer dari luar BUleleng bahkan jauh-jauh datang dari luar Bali. Sungguh aksi kemanusiaan ini bisa menjadi semangat bagi generasi lain untuk turut mendukung kemajuan pariwisata," ungkap Wabup Sutjidra.

"Jauh hari ketika melihat informasi ada kegiatan hunting charity langsung pemerintah respon dengan cepat. Hal seperti ini perlu kita dukung penuh," tandasnya. 

Hal senada diutarakan Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Made Sudama Diana kepada RRI ditempat mengatakan, keberadaan komunitas Balawa sangat vital dalam mendukung kemajuan pariwisata di Buleleng. Kekompakan generasi milenial untuk mengangkat citra daerahnya tentu membantu Dispar Buleleng menggali potensi yang perlu dikembangkan.  Menggandeng para seniman fotografi Sudama Diana optimis Desa Pedawa dikenal kalangan luas dan tak menutup potensi untuk dikunjungi oleh wisatawan regional, nasional bahkan internasional.

"Saya yakin keberadaan fotografer yang hadir akan memberikan sentuhan seni dalam gambar yang dipublikasi dilaman sosial media. Kami yakin kedepan Pedawa akan semakin dikenal," ucap Kadispar Buleleng. 

"Kegiatan ini perlu dilakukan secara berlanjut bahkan menggali sisi lain yang bisa disuguhkan oleh Balawa," tutup Sudama Diana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00