Monumen Pejuangan di Buleleng Kembali Dibuka

Monumen Perjuangan Bhuwana Kertha saat perayaan HUT ke-74 Monumen Bhuwana Kertha di Desa Panji, Kecamatan Sukasada

KBRN, Singaraja : Landainya kasus covid 19 di Buleleng membuka peluang terhadap pelonggaran sejumlah tempat wisata, tak terkecuali pembukaan sejumlah monumen perjuangan oleh Dinas Sosial Buleleng.

Dibukanya fasilitas umum wisata sejarah di Gumi Panji Sakti untuk wisatawan domestik, lokal, dan mancanegara diharapkan dapat mendorong geliat kepariwisataan di Bali Utara.

Kepala Dinas Sosial Buleleng I Putu Kariaman Putra dikonfirmasi RRI menjelaskan sejumlah penataan telah dilakukan guna menyambut kunjungan wisatawan diantaranya menyiapkan staf yang bertugas sekaligus sarana protokol kesehatan.

Kariaman lebih jauh menerangkan, monumen perjuangan yang dibuka untuk umum diantaranya Monumen Perjuangan Bhuwana Kertha, Desa Panji, Monumen Tri Yuda Sakti di Lingkungan Sangket, Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Monumen Perjuangan Jagaraga di Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan.

“Monumen saat ini sudah kami buka untuk masyarakat, untuk pendidikan, latihan, dan wisata sejarah. Jadi sudah bisa dikunjungi masyarakat umum dan kami sudah siap menerima kunjungan,” kata Kariaman.

Tak hanya sebatas membuka fasilitas umum monumen perjuangan, Dinas Sosial Buleleng juga tengah bergerak melakukan pendataan dan pendokumentasian tonggak-tonggak sejarah yang ada di Buleleng.

“Kami terus telusuri tonggak-tonggak sejarah, cari tokoh, buatkan video, dan buatkan narasinya untuk dijadikan bahan publikasi. Sehingga generasi muda punya pengetahuan sejarah perjuangan yang ada di Buleleng,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar