Pemdes Nagasepaha Mulai Kembangkan Wisata Spiritual

KBRN, Singaraja : Wisata spiritual memang tak pernah habisnya jika ditelusuri, bahkan hampir di setiap desa di Bali ada saja tempat unik dan memiliki aura magis yang tidak bisa dijelaskan dengan kasat mata. Kali ini satu tempat pemandian yang berada di Desa Nagasepaha, Kecamatan Buleleng dipercaya memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit sekaligus tempat malukat atau pembersihan diri bagi mereka yang yakin dengan hal hal berbau spiritual.

Pemerintah Desa, Pemdes Nagasepaha saat ini sedang mengembangkan wisata spiritual sekaligus dijadikan objek wisata baru Desa Nagasepaha. Kepala Desa Nagasepaha, Wayan Sumeken mengatakan, objek wisata spiritual yang berada di kawasan Pura Taman Sari, Desa Nagasepaha dulunya hanya tempat permandian biasa. Setelah di renovasi menggunakan dana APBDes sebesar Rp33 juta dan swadaya dari masyarakat Desa Nagasepaha kini sudah terbangun tempat wisata spiritual.

“Kami buat ini, kami rancang dengan konsep wisata spiritual, yang kami bangun ini genah atau tempat pengelukatan, disebut dengan nama pengelukatan Pura Taman Sari. Ini adalah swadaya murni masyarakat Desa Nagasepaha, termasuk swadaya pemikiran, swadaya gotong royong, termasuk juga finansial,” ungkapnya.

Warga yang memang meyakini hal ini bahkan tidak hanya datang sekali dua kali, untuk melakukan proses melukat sesuai keyakinan mereka, akan tetapi ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar ditempat tersebut yaitu bagi wanita yang masih kotor atau datang bulan tidak disarankan mengunjungi tempat tersebut.

Lanjut Kades Sumeken berharap, kedepan objek wisata baru yang dikelola ini bisa booming dan bisa memutar perekonomian masyarakat Desa Nagasepaha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar