Desa Adat Bangkah Rayakan Nyepi Adat

KBRN, Singaraja : Sesuai dengan Dresta Desa Adat Bangkah, Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, setiap Sasih kepitu, penanggal Kaping Siki, Desa Adat Bangkah melaksanakan Brata Penyepian (Nyepi Adat). Untuk tahun 2021 ini pelaksanaan Nyepi Adat Desa Adat Bangkah jatuh pada tanggal 5 Desember 2021.

Menurut Perbekel Desa Pacung, Gede Kardiana pelaksanaan Nyepi Adat kali ini tetap dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan dimana rangkaian kegiatan yang dimulai dengan pelaksanaan Pecaruan hanya diikuti oleh prajuru adat saja untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Gede Kardiana menambahkan saat pelaksanaan Nyepi Adat, masyarakat melaksanakan Tri Brata Penyepian yaitu tidak bekerja, bepergian, tidak menyalakan bunyi-bunyian termasuk akses menuju Desa Adat juga ditutup selama pelaksanaan Nyepi Adat.

Terkait pelaksanaan persembahyangan di Pura Purwasiddhi Ponjok Batu yang terletak di wilayah Desa Adat Bangkah, Gede Kardiana mengatakan selama pelaksanaan Nyepi Adat seluruh kegiatan di Pura ditiadakan selama 24 jam mulai hari Minggu 5 Desember 2021, pukul 06.00 wita hingga Hari Senin, 6 Desember 2021 pukul 06.00 Wita.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar