Ngelawang di Lovina Sebagai Hiburan Saat Galungan dan Kuningan

KBRN, Singaraja : Ditengah landainya kasus penyebaran covid-19 di Kabupaten Buleleng mendorong sekelompok anak-anak yang tergabung dalam sekeha atau komunitas Cerik-cerik Gelah di Desa Kalibukbuk, Buleleng Bali kembali berekspresi menampilkan hiburan melalui pertunjukan tradisi ngelawang.

Pembina Cerik-cerik Gelah, Gede Voga dikonfirmasi RRI.co.id, Jumat (19/11/2021) mengatakan, tradisi ngelawang diyakini sebagai sebuah ritual untuk tolak bala, yang dilakukan dengan cara berkeliling banjar atau desa sambil menarikan barong dari rumah ke rumah. Tak hanya itu, ngelawang yang dilakukan Sekeha Cerik-cerik Gelah, menjadi hiburan murah meriah saat warga masih menghadapi pandemi. 

Lebih jauh diceritakan, kegiatan akan digelar bertepatan saat Hari Raya Kuningan yang jatuh pada Sabtu (20/11/2021).

"Kegiatan Ngelawang ini kami lakukan, karena bertepatan dengan hari raya Galungan dan juga hari raya Kuningan. Situasi pandemi juga semakin baik, sehingga kami bersama anak-anak bertujuan melakukan kegiatan ini untuk menghibur para pengunjung Pantai Lovina," jelasnya. 

Kegiatan ini diharapkan mendapat respon positif dan menjadi hiburan bagi masyarakat desa Kalibukbuk khususnya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Lovina.

Atraksi ngelawang ini dilakukan perdana saat Hari Raya Galungan, Rabu (10/11/2021) lalu dan sukses mengundang apresiasi masyarakat yang menyaksikan. Untuk itu kegiatan serupa bakal dilakukan berkala melihat situasi perkembangan covid 19 di Buleleng.

"Apabila pandemi sudah 100 persen normal, kemungkinan jadwal kembali akan dilakukan seperti dulu, setiap hari Sabtu," . 

Sementara itu, di tengah landainya kasus Covid 19, pemerintah Buleleng pun sudah mengijinkan aktivitas kesenian digelar dengan penerapan prokes ketat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar