Panen Perdana Sorgum Tandai Hari Tani Nasional di Buleleng

KBRN, Singaraja : Hari Tani Nasional yang jatuh pada tanggal 24 September ditandai dengan kegiatan panen perdana sorgum atau jagung gembal di Subak Anyar Desa Tegalinggah Kecamatan Sukasada, Selasa (29/9/2020).

Budidaya tanaman sorgum merupakan pengembangan disertifikasi pangan alternatif. Pengembangan tanaman sorgum yang baru pertama kali dilaksanakan Kabupaten Buleleng, tersebar pada lahan seluas 25 hektar di empat  kecamatan meliputi Tejakula, Kubutambahan, Gerokgak dan Sukasada.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, I Made Sumiarta mengatakan dari 4 kecamatan yang dijadikan lokasi pengembangan penanaman sorgum pada tahap awal panen sebanyak 3,4 ton dengan mengandalkan lahan tanaman seluas 1 hektar di Subak Anyar Desa Tegalinggah Kecamatan Sukasada.

Made Sumiarta menegaskan hasil panen perdana sorgum selanjutnya akan dipergunakan sebagai benih dasar untuk dibagikan kepada para petani lainnya di Buleleng terutama daerah yang memiliki sedikit air dan berpotensi untuk pengembangan sorgum sebagai salah satu program disertifikasi penganekaragaman pangan alternatif.

Sementara itu Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, Gede Melandrat mendukung aktivitas petani yang kini mulai mengembangkan tanaman sorgum atau jagung gembal. Dengan harapan tanaman sorgum yang dikembangkan saat ini bukan hanya sebatas dijadikan unit percontohan semata, bahkan ke depannya msyarakat lebih giat lagi agar mampu berbudidaya sorgum karena peluang usaha untuk sorgum sangat menjanjikan.

Gede Melandrat menambahkan produk sorgum yang dihasilkan masyarakat petani, nantinya selain bisa dipergunakan untuk konsumsi sendiri juga bisa diekspor dan berpeluang untuk pengembangan ekonomi makro.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00