Intensitas Hujan Tinggi, Petani Was-Was Serangan Hama Penyakit

KBRN, Bangli: Intensitas hujan yang cukup tinggi belakangan ini mengakibatkan tanaman petani di Kabupaten Bangli mudah terserang hama penyakit. 

Kepala Desa Landih, Bangli, I Wayan Suarta yang juga seorang petani ini menuturkan, intensitas hujan yang cukup tinggi sepekan terakhir ini sangat membuat para petani was-was. Pasalnya kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak bagi kondisi tanaman mereka.

“Kalau hujan terus menerus biasanya tanaman seperti cabai dan jeruk mudah terserang hama penyakit,” ungkapnya.

Lanjut dirinya menerangkan serangan hama penyakit yang biasanya terjadi diantaranya serangan lalat buah, rontok buah, antrak dan yang lainya. Hal tersebut terjadi lantaran petani tidak bisa melakukan penyemprotan dan perawatan tanaman secara maksimal saat hujan.

“Kalau paginya kita nyemprot nantinya hujan, kan rugi penyemprotannya, belum diserap tanaman, obat sudah hanyut terbawa air hujan,” jelasnya.

Suarta menambahkan, kondisi tersebut dikawatirkan akan membuat petani merugi, lantaran biaya perawatan tanaman akan meningkat dua kali lipat lebih dibanding cuaca normal, ditambah dengan hasil panen yang tidak maksimal.

“Kalau cuaca terus seperti ini otomatis petani merugi. Apalagi sekarang harga jeruk anjlok, dan cabai sudah muali turun. Ya kita hanya bisa pasrah,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar