Wujudkan UMKM Go Internasional Untuk Topang Pertumbuhan Ekonomi

Dialog khusus Beranda Nusantara RRI SIngaraja dengan topik Usaha Maju, Kita Mendunia

KBRN, Singaraja: Pada masa pandemi Covid-19, ekonomi digital menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan secara signifikan. Termasuk di Kabupaten Buleleng. Tantangan UMKM bertambah dari sisi adaptasi terhadap perkembangan teknologi. Oleh karena itu, perlu dilakukan transformasi UMKM melalui penerapan teknologi digital agar mampu adaptif dan dinamis terhadap situasi.

Perlu dilakukan transformasi UMKM melalui penerapan teknologi digital. Sehingga mereka dapat memberikan layanan dengan jaringan luas, cepat, efektif dan efisien. Hal itulah terus di dorong pemerintah Buleleng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop UKM), saat dialog khusus Beranda Nusantara dengan tajuk Usaha Maju, Kita Mendunia.

Kepala Disdagperinkop UKM Dewa Made Sudiartha menjelaskan, daya tahan UMKM di Buleleng terhadap situasi krisis dampak pandemi selama ini cukup baik. Pemerintah pun telah menyadari untuk mendukung dan memulihkan UMKM pasaca pandemi perlu dilakukan dengan berbagai program. Untuk itu, agar semua pihak bekerja sama menjadikan UMKM sebagai ujung tombak perekonomian nasional.

Pemerintah sudah siap dengan desain terkait upaya menjadikan UMKM sebagai kekuatan ekonomi, pentingnya memperkuat kapasitas UMKM dengan sejumlah program utama di antaranya pendampingan, go digital, hingga memperluas akses pembiayaan. Salah satu goal yang dicapai adalah menjadikan UMKM Buleleng satu per satu tembus pasar internasional.

“Dari sisi peluang pasar eksport dan mendunia kita punya ruang cukup banyak. Olahan kopi, gula aren dan beberapa kerajinan tenun ikan sudah punya pasar regional, nasional bahkan kini mendunia. Sekarang tinggal menguatkan branding dan melengkapi segala aspek termasuk HAKI  sehingga memiliki nilai jual lebih,” ungkapnya, Selasa (24/5/2022).

Lebih jauh Kepala Disdagperinkop UKM Dewa Made Sudiartha mengajak pelaku UMKM di Buleleng berlomba untuk mengembangkan inovasi serta mempercepat gerak pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19. Harapannya sektor UMKM menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi regional maupun nasional.

Sementara ditempat sama, mewujudkan UMKM mendunia, Ketua DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Buleleng, Putu Gunatri menyebut banyak peluang yang bisa dikembangkan di sektor UMKM Buleleng dengan SDM dan SDA yang melimpah. Sebagai mitra pemerintah dalam pemajuan sektor UMKM dirinya  berharap, pelaku UMKM peka membaca peluang dan terus bergerak membangun usaha.

“Tetap siap, tangkap peluang, ikuti proses hasil pasti mengikuti. Just do it dan lakukan sinergi serta kolaborasi tentunya pang pade payu (semua pihak mendapat peluang),” ungkapnya.

Dengan dorongan dan dukungan sinergi berbagai pihak Ketua DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Buleleng, Putu Gunatri optimis tekad menjadikan UMKM go inernasional dapat dicapai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar