Cintai Produk Lokal Melalui Bazzar Pasar Ibu Teratai Buleleng

KBRN, Singaraja : Geliatkan UMKM, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kabupaten Buleleng menggelar bazzar produk UMKM di area parkir Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagprinkop UMKM), Sabtu (16/10/2021.

Kegiatan ini diwakili oleh Kelompok Teratai Buleleng yang terdiri dari 10 UKM binaan Yayasan Business & Export Development Organization (BEDO) yang merupakan suatu yayasan non profit bagi UMKM, berkomitmen untuk memberikan edukasi tata kelola pengembangan yang komperehensif kepada sektor dunia usaha.

Dengan mengusung tema “Bazzar Pasar Ibu Teratai Buleleng”, kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas usaha mikro kecil dalam upaya peningkatan produktivitas ekonomi keluarga.

Kegiatan yang sama juga digelar Gallery Saraswati Desa Panji dimotori UMK Kelompok Tani Tulus Bakti, Desa Panji Kecamatan Sukasada. Sekaligus dilakukan Pencanangan Pelaksanaan Program Desa Kerti Bali Sejahtera yang dilaksanakan secera serentak Gubernur Bali Wayan Koster, kegitan itu digelar secara daring.

Gubernur Wayan Koster mengatakan, Bali memiliki banyak produk yang dapat bersaing dengan produk-produk luar Bali. Dengan menggunakan hasil prodak Bali nantinya akan dapat membantu perputan ekonomi masyarakat terlebih di masa pandemi yang sangat mempengaruhi keterpurukan ekonomi masyarakat.

Melalui cinta menggunakan produk lokal, Gubernur yakin pelan tapi pasti perekonomian Bali akan pulih sejalan dengan membaiknya kondisi pasca Covid-19. Disamping itu tumbuh kembangnya UKM-UKM akan menjadi benteng pertumbuhan ekomi kerakyatan.

Perbekel Desa Panji, Jro Mangku Made Ariawan, mengakui Desa Panji sebagai sentra UKM. Dengan berbagai hasil produk masyarakat setempat menurut Mangku Ariawan dapat member peluang bisnis bagi seluruh masyarakat Panji yang notabene, dari hasil olahan pontesi desa seperti jahe herbal, dendeng babi asap, minyak klentik, dan berbagai jenis jamu telah berhasil merambah keluar daerah.

Melalui kegiatan tersebut Perbekel Desa Panji Mangku Ariawan yakin perekonomian masyarakat desa Panji akan dapat bergulir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00