Bali Kembali Alami Inflasi dan Deflasi

Ilustrasi Inflasi (Liputan6.com/Johan Fatzry)

KBRN, Singaraja : Bali kembali mengalami deflasi pada Juli 2021 sebesar 0.04 persen month to month (mtm). Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan (KPW) Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho, Selasa (3/8/2021).

Deflasi terbesar terjadi di Kota Denpasar sebesar 0,07% (mtm) sementara Kota Singaraja mengalami inflasi sebesar 0,19% (mtm). Secara ekonomi kondisi deflasi maupun inflasi bukanlah hal yang berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di suatu daerah.

Korprodi S2 Akuntasi Undiksha Singaraja, Prof. Dr. Anantawikrama Tungga Atdmaja, S.E., Ak., M.Si saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (4/8/2021) menegaskan jika hal ini dibiarkan dalam jangka panjang maka akan menimbulakn efek domino pada sektor lainnya.

“Tentu saja hal seperti ini tidak baik dalam jangka panjang karena penurunan ekonomi ini pasti berimplikasi pada penurunan pendapatan masyarakat, dampak lanjutanya akan terjadi pemutusan hubungan kerja, pengurangan jam operasional dan seterusnya,” ucapnya, Rabu (4/8/2021).

Realita bahwa perekonomian Bali secara umum masih belum bisa terbebas sepenuhnya dari belenggu penurunan roda perekonomian atau resesi ekonomi walaupun pemerintah sudah berupaya maksimal untuk memberikan instrumen pemulihan ekonomi nasional.

Lebih Lanjut Prof. Ananta mengatakan bahwa jalan keluar untuk terbebas dari permasalahan ekonomi yaitu kuncinya ada pada penanganan pandemi Covid-19.

“Pandemi adalah kunci untuk keluar dari permasalahan ekonomi, kita semua harus berupaya sedapat mungkin dengan melakukan protokol, jika pandemi sudah berakhir maka yakin perekonomian akan membaik,” imbuhnya.

Optimisme ekonomi Bali Akan membaik, tentunya bukan hanya dititik beratkan pada pemerintah saja. Namun peran serta semua pihak untuk pembangunan pada sektor sektor penopang ekonomi juga harus digalakan disamping masyarakat harus berfokus pada menjaga kesehatan di tengah pandemi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00