FOKUS: #PPKM MIKRO

Pengrajin Tenun Endek Jembrana Digelontor Dana Talangan

Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Ketua Deskranasda Jembrana, Ny Candrawati Tamba menyerahkan bantuan dana talangan bagi pengerajin Tenun Endek di Jembrana
Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Ketua Deskranasda Jembrana, Ny Candrawati Tamba menyerahkan bantuan dana talangan bagi pengerajin Tenun Endek di Jembrana

KBRN, Negara : Para pengerajin Tenun Endek khas Jembrana terpuruk dengan kondisi Pandemi sat ini. Para pelaku usaha kecil khas Jembrana ini mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah. Bupati Jembrana I Nengah Tamba, menggelontorkan bantuan berupa dana talangan bagi para perajin ini pada Kamis (22/7/2021) lalu. Bupati Tamba menginginkan agar para pelaku pengerajin tenun endek khas Kabupaten Jembrana tetap semangat berkarya di tengah pandemi Covid-19.

“Kita tahu saat ini keadaan yang tidak mudah, yang tidak gampang bagi para pengrajin tenun. Tapi kita harus terus semangat agar terus berkarya ditengah Pandemi Covid-19,” Kata Bupati Tamba disela-sela penyerahan dana talangan. 

Dana talangan  produksi tenun senilai total Rp 200 juta diberikan  kepada koperasi Tenun Yastiti Rupa bertempat di Pengerajin Kembar Sari, Desa Dangin Tukadaya dan Sekar Ngoneng Desa Mendoyo Dauh Tukad Kecamatan Mendoyo. Kemudian , dana talangan itu akan diberikan kepada masing-masing 7 kelompok perajin tenun dengan nilai dana bervariasi .

Bersama Ketua Dekranasda Jembrana Ny. Candrawati Tamba dan Kadis Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Jembrana  I Komang Agus Adinata, dana talangan yang diserahkan diharapkan mampu mengingkatkan produktivitas para pengerajin tenun endek. Terlebih, pihaknya sangat komitmen dan telah berkomunikasi dengan pemerintah pusat, di kabupaten Jembrana nantinya akan memiliki sentra tenun Jembrana. Tempat itu untuk mewadahi seluruh hasil karya dari pengrajin tenun endek khas Jembrana.

“Keberadaan sentra tenun Jembrana ini nantinya selain sebagai wadah pelestarian tenun endek khas Jembrana dengan berbagai motifnya, juga nanti sebagai galeri pameran untuk masyarakat umum sehingga ada sisi edukatifnya. Jadi nanti hasil karya dari seluruh pengerajin akan kita tampung dan pameran di sentra tenun Jembrana tersebut," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian Dan Perdagangan Jembrana, I Komang Agus Adinata menyebutkan bahwa dana talangan ini merupakan program pemerintah kabupaten Jembrana khususnya dalam membantu para pengerajin dimasa pandemi Covid-19. Guna meningkatkan produktivitas seperti memenuhi kebutuhan akan bahan baku seperti benang. Selain itu juga sebagai langkah melestarikan warisan tenun endek khas di Kabupaten Jembrana.

“Untuk tahun 2021, dana talangan produksi tenun diberikan kepada masing-masing 7 kelompok perajin tenun dengan nilai dana yang berbeda-beda dengan totalnya sebanyak 200 juta yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jembrana kepada para pengerajin tenun di Kabupaten Jembrana,” pungkasnya. (SM/IBS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00