Rusak, Seluruh Lampu Taman di Jalur Utama Akan Dicabut

KBRN, Bangli: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangli akan mencabut seluruh lampu hias yang dipasang di jalur utama mulai Desa Bunutin hingga memasuki Kota Bangli. Pencabutan lampu hias yang dipasang pada masa kepemimpinan mantan Bupati Bangli, I Made Gianyar itu, lantaran sudah rusak. 

“Kondiisi lampu yang dipasang sekitar tujuh tahun lalu itu sudah rusak, makanya kita cabut dulu sehingga tidak merusak pemandangan,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup, I Putu Ganda Wijaya saat dikonfirmasi awak media, Senin (4/7/2022). 

Kata pria asal Banjar Tegal ini, penyebab rusaknya lampu yang dipasang dipinggir telajakan dan trotoar karena beberapa faktor. Diantaranya ulah oknum yang tidak bertanggung jawab yang secara sengaja lakukan pengrusakan, karena faktor usia lampu hias, kena senggol  kendaraan serta imbas dari pengerjaan kegiatan fisik.

“Pencabutan seluruh lampu taman itu  paling lambat akan dilakukan pada akhir bulan Juli mendatang,” sebutnya.  

Menurut Kadis asal Banjar Tegal, Kelurahan Bebalang ini, dari hasil pendataan dari ratusan titik lampu hias yang terpasang, kondisi lampu hias yang masih bagus sekitar 50 unit.

"Karena masuk aset nanti setelah dicabut kami akan lakukan inventarisir. Rencananya, lampu hias yang kondisinya masih bagus akan dihibahkan ke desa,” sebutnya.

Sementara itu, sesuai pantauan memang cukup banyak kondisi lampu taman setinggi 1 meter itu mengalami kerusakan yang cukup parah. Seperti halnya lampu hias yang terpasang di beberapa titik di seputaran ruas Jalan Nusantara, seperti depan Griya Brahmana Bukit, Banjar Cempaga, Banjar Pande keselatan banyak yang roboh. Bahkan, ada yang hanya tersisa ornament tiang dan pondasi lampunya saja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar