Buleleng Siapkan Fasilitas Kesehatan Antisipasi Kasus Hepatitis Akut

Wakil Bupati (Wabup) Buleleng, I Nyoman Sutjidra

KBRN, Singaraja : Penekanan dan upaya preventif terus dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Buleleng, mulai dari Dinas Kesehatan (Dinkes) hingga puskesmas untuk mengantisipasi adanya kasus hepatitis.

Wakil Bupati, I Nyoman Sudjidra meminta Puskesmas untuk terus melakukan promosi kesehatan (promkes) dan sosialisasi untuk tetap hidup bersih dan sehat. Begitu juga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buleleng, menurutnya telah siap untuk penyediaan kamar isolasi dan terapi terhadap pasien, jika seandainya ditemukan kasus hepatitis akut di Buleleng.

Lebih lanjut, Wabup Sutjidra mengatakan, sampai saat ini belum ditemukan kasus ataupun suspek dari hepatitis akut di Kabupaten Buleleng. Namun demikian, Wabup Sutjidra terus menekankan kepada masyarakat bahwa tindakan pencegahan menjadi hal yang paling utama untuk menghadapi segala jenis penyakit baik itu Covid-19, demam berdarah maupun hepatitis akut.

“Karena ini belum diketahui penyebabnya apa dan darimana. Tapi dengan melakukan PHBS, bisa mencegah dan terhindar dari penyakit hepatitis akut yang masih misterius penyebabnya ini,” ungkapnya, Jumat (27/5/2022).

Terkait vaksin, Wabup Sudjidra menambahkan, Hepatitis akut ini tidak ada hubungannya dengan vaksin Covid-19 yang diberikan. Menurutnya masing-masing penyakit memiliki vaksinnya sendiri karena vaksin merupakan virus yang dilemahkan. Oleh karena itu langkah pencegahan seperti PHBS merupakan satu-satunya langkah untuk menghindari penularan penyakit hepatitis akut yang belum diketahui pasti penyebabnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar