Bagikan STB Gratis di Buleleng, KPID Bali Sasar Penerima Bantuan Sosial

Ketua KPID Bali, Agus Astapa, saat audiensi terkait pembagian STB gratis bersama Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Senin (23/5/2022).
Daftar Lembaga Penyiaran (7 LPS dan 1 LPP) penyelenggara multiplexing (MUX) yang akan membagikan kurang lebih 76 ribu STB gratis di Pulau Bali.

KBRN, Singaraja: Dalam rangka menyukseskan program pemerintah untuk mengalihkan tv analog ke tv digital, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali siap membagikan set top box (STB) gratis kepada para penerima bantuan sosial (bansos) di Kabupaten Buleleng. Agenda tersebut digulirkan oleh KPID Bali demi menyukseskan program pemerintah untuk mengalihkan siaran tv analog ke digital atau analog switch off (ASO).

“Di Bali ada sekitar (kurang lebih) 76 ribu STB gratis yang akan dibagikan oleh 7 Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) penyelenggara multiplexing (MUX),” ujar Ketua KPID Bali, Agus Astapa, ketika ditemui RRI.co.id saat audiensi bersama Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Senin (23/5/2022).

Ke-7 LPS pengelola MUX yang terikat komitmen untuk menyediakan STB gratis bagi rumah tangga miskin adalah MNC Group, SCM Group, Media Group, Trans Media, VIVA Group, Nusantara TV, dan Rajawali TV. Rencananya, STB gratis tersebut akan dibagikan secara bertahap hingga tanggal 2 November 2022 nanti.

Kriteria yang lebih rinci untuk penerima STB gratis adalah memiliki tv analog, masih melihat siaran tv lewat terrestrial, dan lokasi rumah tempat tinggalnya berada dalam cakupan wilayah tv digital. Astapa melanjutkan jika infrakstruktur, penyediaan, dan distribusi menjadi 3 kendala yang ada dalam proses pembagian STB gratis di Pulau Bali.

“Kendala banyak. Yang pertama adalah infrakstruktur yang dimiliki oleh para pemegang MUX, kedua adalah penyediaan STB, dan yang ketiga adalah distribusi yang dilakukan oleh para pemegang MUX,” lanjut Astapa.

Teknis pembagian STB gratis nantinya akan dikembalikan pada kebijakan LPS pengelola MUX. Beberapa LPS bekerja sama dengan PT Pos Indonesia, sementara LPS lainnya ada yang mendistribusikan STB gratisnya secara mandiri. Pulau Bali sendiri menjadi wilayah tahap pertama yang diharapkan bisa menyelesaikan transformasi tv analog ke digital sesuai tenggat waktu tanggal 2 November 2022. Diharapkan, transformasi digital ini bisa memudahkan KPID dalam melakukan pengawasan dengan memanfaatkan teknologi sensor audio dan visual.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar