Serbu BSBI, Warga Desa Pedawa Tukarkan Sampah Plastik dengan Beras

Antusuias ibu-ibu di Desa Pedawa tukarkan sampah plastik pemilahan rumah tangga dengan beras

KBRN, Singaraja: Sampah plastik masih menjadi momok bagi kelestarian lingkungan. Namun belakangan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik semakin meningkat. Bahkan kini masyarakat mulai mengumpulkan sampah plastik karena sudah memberikan berkah tersendiri baik secara ekonomi maupun lingkungan.

Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali yang difasilitasi oleh komunitas Semut Bali Aga Pedawa (Balawa) bersama Rice For Bali di Bank Sampah Balawa Indah, Minggu (22/5/2022)

Merangsang kepedulian warga setempat sekaligus memberikan edukasi, Komunitas Balawa mengajak warga untuk berlomba, mengumpulkan sampah anorganik untuk ditukarkan dengan beras.

Kegiatan bukan hanya pertama kali dilakukan melainkan rutin digelar sebagai motivasi untuk mencintai lingkungannya. Pembina Balawa, Arya Kekan dikonfirmasi RRI mengatakan  penukaran sampah plastik dengan beras tiada lain sebagai bentuk apresiasi.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi dan mengapresiasi masyarakat yang sudan mau peduli dengan mengumpulkan dan memilah sampahnya dari rumah tangga. Gerakan semacam ini sudah sering di lakukan dan salah satu program dari komunitas balawa, tentunya masih di suasana hari Kebngkitan nasional dan hari sepesial 22522,” ungkapnya.

Program tukar sampah sengan beras diikuti oleh sebagian besar kaum ibu-ibu. Total sampah yang terkumpul di Bank Sampah Balawa Indah sebanyak 55 Kg dengan distribusi beras sebanyak 150 Kg.

Seperti diketahui komunitas Balawa yang diinisiasi pemuda Desa Pedawa menjadikan program tukar beras ini sebagai program unggulan untuk mencanangkan aksi merdeka dari sampah plastik. Untuk itu Pembina Balawa, Arya Kekan berharap aksi ini menjadi pematik untuk warga Pedawa tetap komitmen menjaga kelestarian lingkungan.

“Harapanya kedepanya semakin banyak masyarakat yang peduli dengan masalah sampah plastik dan mau memilah dan mengumpulkan sampahnya kami dikomunitas Balawa sudah menyiapkan Bank Sampah Balawa Indah untuk selalu menampungnya,” pungkas Arya Kekan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar