Saat Pandemi, BPR Berkontribusi Tingkatkan Perekonomian di Jembrana

Perayaan Hari BPR-BPRS Nasional 2022 Bali di Jembrana diisi dengan edukasi dan literasi terkait Perbankan termasuk BPR
Perayaan Hari BPR-BPRS Nasional 2022 Bali di Jembrana diisi dengan edukasi dan literasi terkait Perbankan termasuk BPR

KBRN, Negara: Peran Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Jembrana berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Jembrana selama masa Pandemi dua tahun terakhir. Secara umum di Bali pun, BPR tidak dapat dipandang sebelah mata.

Di Provinsi Bali, terdapat 134 BPR dengan aset per Maret 2022 mencapai Rp18,60 Triliun mengalami kenaikan 7,07% year on year (yoy), Kredit sebesar Rp12,03 Triliun meningkat sebesar 4,69% yoy, Dana Pihak Ketiga Rp13,55 Triliun mengalami kenaikan 10,41% yoy dan NPL terjaga di angka 7,53%. Ini menunjukkan BPR merupakan lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam peningkatan inklusi dan perekonomian di Bali. 

Ketua DPD Perbarindo Bali, I Ketut Wiratjana, di sela-sela perayaan Hari BPR BPRS Nasional Provinsi Bali di Anjungan Cerdas Mandiri, Yehembang Kangin, Jembrana, Sabtu (21/5/2022) menyebutkan di Kabupaten Jembrana terdapat 1 Kantor Pusat BPR, 3 Kantor Cabang dan 2 Kantor Kas. Dengan Rp28 Milyar Dana Pihak Ketiga, Rp68 Milyar Kredit, dan Rp 84 Milyar Aset.

Kontribusi BPR di Kabupaten Jembrana untuk meningkatkan inklusi keuangan dan perekonomian perlu terus tingkatkan, mengingat perekonomian Kabupaten Jembrana yang terus pulih dan terus meningkat dalam masa pandemi yang masih berlangsung saat ini. 

Keunggulan atau keistimewaan BPR dibanding dengan Bank Umum, selain mendapat penjaminan dari LPS layaknya Bank Umum, juga Bunga simpanan di BPR baik tabungan maupun deposito lebih tinggi dari bank umum. Setahun bunga simpanan BPR mencapai 2,5 persen. Lebih tinggi dibanding Bank Umum.

"Edukasi dan literasi tentang keuangan perlu dilakukan termasuk informasi terkait BPR. Karena itu saat perayaan Hari BPR BPRS Nasional ini kita libatkan kelompok ibu-ibu PKK, sehingga edukasi dapat dilakukan hingga ke Banjar (wilayah terkecil di desa)," kata Wiratjana.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba Bupati Tamba menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Kabupaten Jembrana sebagai lokasi pelaksanaan peringatan hari BPR-BPRS Nasional di Bali Tahun 2022. 

“Saya mengucapkan terima kasih dipilihnya Kabupaten Jembrana dan tentunya dalam hal ini saya mengajak masyarakat saya, karena UMKM kita sudah mulai bergerak bagus maka yang menjadi partner pertama itu adalah bank,” ucap Bupati Tamba.

Selain itu, Tamba juga mengutarakan agar BPR yang ada di Jembrana dapat memberikan edukasinya kepada para nasabah.  Agar dana yang diterimanya nanti dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

“Saya harap bank bisa memberikan edukasi kepada calon calon penerima bantuan perbankan jangan sampai hasil daripada kredit yang diterima oleh calon penerima kredit ini disalah gunakan, pergerakan ekonomi akan sangat bagus sekali apabila pemanfaatan BPR yang ada di Jembrana dimanfaatkan dengan betul, harapan saya seperti itu karena kita mempunyai cita-cita di Tahun 2026 Jembrana sebagai tahun Emas,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar