Pendampingan Musdes di Desa Tinggarsari Kecamatan Busungbiu

Dinas Sosial lakukan pendampingan Musyawarah Desa Pemutahiran DTKS dan Kepesertaan KIS PBI NON DTKS Tahun 2022 di Desa Tinggarsari, Kecamatan Busungbiu

KBRN, Negara: Dinas Sosial kembali lakukan pendampingan Musyawarah Desa (Musdes), kali ini menyasar Desa Tinggarsari, Kecamatan Busungbiu.

Pendampingan Musyawarah Desa Pemutahiran DTKS dan Kepesertaan KIS PBI NON DTKS Tahun 2022 di Desa Tinggarsari, Kecamatan Busungbiu, Kamis (19/5/2022) dilaksanakan oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Yayan Sutrisna didampingi oleh Pejabat Funsional Pengelolaan Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial Yanti Rohayati. Kegiatan dipimpin langsung oleh Ketut Samiasa selaku perbekel Desa Tinggarsari dan dihadiri para Kelian Dusun, Ketua BPD, Korcam PKH, Pendamping PKH, dan tokoh Masyarakat.

Dalam kesempatan ini sambutan Kadis Sosial disampaikan oleh Kabid Linjamsos, Yayan Sutrisna, mengingatkan kembali prosedur yang harus dilaksanakan adalah musyawarah Desa, Karena melalui musyawarah Desa dimulai memverifikasi data warga yang nantinya diajukan DTKS dan dari hal ini Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ini bisa di re-update secara terus menerus.

"Hal ini dilandasi oleh Permensos No 3 tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial memikirkan bahwa DTKS menjadi dasar acuan dalam melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, perlu di kelola dengan baik, akuntabel dan berkelanjutan, dimana nantinya hal ini menjadi acuan pedoman untuk digunakan dalam menentukan program-program jaminan kesehatan dan bantuan baik bantuan Pusat, Provinsi, serta Kabupaten," ungkapnya.

Sehingga secara rutin Dinas Sosial selalu mengingatkan kepada Kepala desa agar terus pemuktahiran data dilakukan melalui musyawarah desa, dari kegiatan tersebut diharapkan hal terkait bisa dilaksanakan secara optimal tanpa adanya hal yang bisa memicu kecemburuan sosial.

Perbekel Desa Tinggarsari, Ketut Samiasa berharap kepada perangkat pemerintahan desa agar serius menangani masalah kesejahteraan sosial masyarakat khususnya DTKS

“Tadi sudah disampaikan dari pak kabid, sudah banyak sekali. Nah, mudah-mudahan apa yang menjadi permasalahan-permasalahan setelah mendapat keterangan dari pak kabid, itu jadi bahan kami untuk memberikan penjelasan kepada warga masyarakat,” ucapnya.

Di tahun 2022 ini Perbekel Desa Tinggarsari sepakat akan segera mendata ulang warga di masing-masing dusun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar