Disdikpora Buleleng Juara Lomba Website Pemkab

KBRN, Singaraja: Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-114, Pemerintah Kabupaten Buleleng menyelenggarakan upacara bendera di halaman Kantor Bupati Buleleng, Selasa (17/5/2022).

Beda dari biasanya, kali ini peringatan Hardiknas dan Harkitnas dirangkaikan dengan pengumuman pemenang lomba website antar SKPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng yang sudah diselenggarakan sejak 14 April sampai dengan 14 Mei 2022.

Terungkap pada pengumuman lomba website, SKPD yang mendapatkan juara pertama adalah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, disusul diposisi kedua dari Dinas Sosial, posisi ketiga diraih oleh Kecamatan Gerokgak dan untuk juara favorit diraih oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra Sp.OG dalam sambutannya menyampaikan tema yang diangkat pada peringatan hari pendidikan nasional tahun ini adalah "pimpin pemulihan, bergerak untuk merdeka belajar". Tema ini diambil tentunya sejalan dengan upaya pemerintah dalam memajukan pendidikan melalui kurikulum merdeka, seiring dengan dinamika pada dunia pendidikan dalam masa pendemi dan menghadapi pasca pandemi nantinya. 

Peringatan ke-114 Hari Kebangkitan Nasional tahun ini mengangkat tema "Ayo Bangkit Bersama". Momentum peringatan hari kebangkitan nasional tahun ini tentunya sangat relevan bagi kita semua untuk mulai bangkit dari pandemi, serta mulai berlari dan melompat lebih tinggi menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Momentum kebangkitan nasional tahun ini hendaknya bisa menjadi spirit bagi kita semua untuk beranjak menuju kehidupan yang normal seperti sediakala.

Saat ditemui langsung usai kegiatan Wabup Sutjidra mengatakan makna dari Hari Pendidikan Nasional ini bagaimana anak-anak merdeka dalam pendidikan yang artinya mengaktualisasikan dirinya masing-masing, apa yang diminati dan bagaimana cara menyelesaikan masalah pendidikan. 

"Ini merupakan era baru dalam dunia pendidikan, bagaimana sekolah merdeka, kampus merdeka. Ini menjadi sebuah wacana baru dalam pendidikan. Anak-anak bisa bebas tetapi masih tetap berada dalam koridor jenjang pendidikan masing-masing," ucap Wabup Sutjidra

Lebih lanjut dikatakan terkait Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114, Sutjidra mengajak untuk bangkit bersama setelah melewati masa pandemi.

"Kita harus berdiri, kita harus kuat, duduk bersama untuk menghadapi masa yang akan datang dan masa peralihan serta masa pemulihan yang sangat krusial khususnya dibidang ekonomi,” pungkasnya

Sementara itu, terkait lomba website antar SKPD di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng telah ditetapkan sepuluh besar nominasi atau Top Ten, yakni BKPSDM, BPKPD, BPBD, Balitbang Inovda, RSUD, Disdikpora, Dinsos, Dinas PMPTSP, Dinas LH dan Kecamatan Gerokgak

Ada empat kriteria dalam penilaian lomba ini, diantaranya, pengelolaan dan design fitur website, isi konten website, jumlah konten dan pengunjung website serta pelaporan pengelolaan website. Penilaian ini dilakukan dengan sangat objektif sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Adapun tujuan dari diadakannya lomba website antar lingkup SKPD ini adalah untuk mengimplementasikan UU No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, sehingga diharapkan setiap SKPD selalu memberikan informasi yang akurat dan terbaru yang salah satunya disampaikan melalui website resmi masing-masing SKPD.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar