Jaga Keharmonisan, Kunci LPD Ambengan Tetap Eksis di Tengah Pandemi

KBRN, Singaraja : Diusianya yang ke-33 tahun, pengurus LPD Desa Adat Ambengan terus berkreasi memajukan lembaga keuangan milik desa adat itu.

Dengan mengelola aset Rp46 milyar, LPD Desa Adat Ambengan tetap mengedepankan keterbukaan, kekeluargaan dan kebersamaan. Hingga kini ada 13 produk yang dikelola LPD ini mulai dari simpan-pinjam sampai dengan kredit kendaraan bermotor hingga pembayaran secara online.

I Made Nyiri Yasa, S.Sos., M.MA selaku pemucuk LPD Desa Adat Ambengan mengatakan, ditengah persaingan dengan lembaga keuangan lainnya, LPD yang dipimpinnya masih tetap berada pada likuiditas aman.

"Walaupun berada di masa pandemi, LPD Desa Adat Ambengan tetap dapat memberikan pelayanan kepada nasabah yang bukan merupakan krama (warga-red) Desa Ambengan saja, tapi juga ada nasabah krama tamyu (warga luar desa-red)," ucap Nyiri Yasa, saat Rapat tahunan tahun buku 2021, Jumat (21/1/2022).

Sementara terkait kendala, menurutnya sudah pasti ada, namun sekecil apapun permasalahan dapat diselesaikan sepanjang ada koordinasi dan keterbukaan antar pengurus untuk dicarikan solusi terutama pemilik LPD selalu dilibatkan untuk mengatasi ketika ada masalah yang timbul.

Khusus untuk kredit tertunda akibat pandemi, ia menilai sangat kecil dan sudah ada kebijakan yang diterapkan diantaranya relaksasi kredit yang memihak kepada nasabah.

“Bagaimana kita harmonis dengan panureksa bagaimana kita harmonis dengan bendesa klian adat, harmonis dengan prajuru adat, bagaimana kita harmonis dengan perbekel, bagaimana kita harmonis dengan banjar adat sehingga dari konsep harmonis itu akan timbul rasa aman,” tegas Nyiri Yasa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar