Loka POM Imbau Masyarakat Bijak Memilih Obat dan Kosmetik

Public awareness perlu ditingkatkan terhadap produk-produk makanan, kosmetik, dan obat.

KBRN, Singaraja : Saat ini banyak sekali obat, makanan maupun kosmetik yang berbahaya dan tidak memiliki ijin edar. Dengan itu Loka Pengawas Obat dan Makanan kabupaten Buleleng mengimbau kepada masyarakat Buleleng agar lebih cermat dan teliti dalam memilih obat, makanan, maupun kosmetik.

Kepala Loka POM Buleleng, Made Ery Bahari Hantana mengatakan,masyarakat harus menerapkan metode cek klik dalam membeli setiap produk makanan maupun obat dan kosmetik.

Pasalnya, banyak produk yang telah beredar mengandung bahan berbahaya yang dapat memengaruhi kesehatan. Lanjut Ery Bahari, masyarakat dapat membeli produk di tempat-tempat resmi yang telah memiliki izin usaha agar lebih aman.

“Kami selalu lakukan pengawasan dan pengecekan terhadap produk-produk yang dipasarkan. Perlu pengetahuan masyarakat sehingga tidak sembarangan menggunakan maupun mengkonsumsi produk,” ungkapnya.

Loka POM Buleleng juga terus menggalakkan kegiatan Waspada Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat, yang merupakan kelanjutan dari Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat yang telah dicanangkan oleh Presiden RI.

Aksi nasional tersebut mempunyai program yaitu pencegahan yang dilakukan dengan menyelenggarakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat (public awareness) terkait penyalahgunaan obat.

Generasi milenial dianggap sebagai kelompok yang rentan menjadi target penyalahgunaan obat seiring perkembangan teknologi dan informasi yang melaju sangat pesat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar