BNNK Dukung Program Desa Bersinar

KBRN, Singaraja : Beberapa desa di Kabupaten Buleleng meluncurkan program desa bersih dari narkoba (Bersinar). Terkait dengan program Desa Bersinar,  BNN Kabupaten Buleleng siap mendukung.

Kepala BNN Kabupaten Buleleng, AKBP I Gede Astawa, kepada RRI mengungkapkan, program Desa Bersinar merupakan terobosan dari desa untuk membebaskan warganya dari peredaran narkoba. Menurutnya untuk bisa membebaskan warga dari peredaran narkoba, perlu komitmen dari perangkat desa dan seluruh warga. Jika warga dan perangkat desa tidak berkomitmen untuk memberantas narkoba, apalagi perangkat desanya yang kena narkoba, sulit untuk melaksanakannya.

“Kalau perangkatnya yang kena itu sebenarnya sudah keterlaluan. Kenapa, karena bagaimanapun yang menjadi contoh, teladan itu kan perangkat desanya. Kalau figurnya perangkatnya seperti itu bagaimana anak buahnya, bagaimana ngasi tau anak buahnya, kan gak bisa. Nah ini yang perlu kita sesalkan kalau ada seperti itu. Nah ini kembali kepada masyarakat apakah masyarakat menghendaki seperti itu, apakah masyarakat menghendaki hancur desanya,” ucap Astawa.

Kepala BNN Kabupaten Buleleng Gede Astawa juga mengingatkan, jika warga masyarakat berkomitmen tinggi memberantas peredaran narkoba, harus dibuat peraturan desa atau perdes serta perarem di desa adat. Beberapa desa di Buleleng yang sudah meluncurkan program Desa bersinar yakni Desa Sangsit, Kecamatan Sawan dan Desa Bhaktiseraga, Kecamatan Buleleng. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar