Disambut Baik Warga, Camat Gerokgak Segera Perluas Lingkup Layanan Silakudes

KBRN, Negara : Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kecamatan Tuntas di Desa (Silakudes) yang dibangun oleh Kecamatan Gerokgak disambut baik oleh masyarakat. Pasalnya, berkat sistem informasi berbasis web itu banyak warga berdomisili di desa-desa yang sangat terbantu.

Untuk itu, rencananya Silakudes akan dikembangkan lebih lanjut sehingga lingkup pelayanannya menjadi lebih luas. Demikian dijelaskan oleh Made Juartawan selaku Camat Gerokgak.

"Mereka rata-rata sangat senang, jadi terbukti dari jumlah izin yang kita terbitkan sejak Silakudes diterapkan meningkat hampir 200 persen," ungkapnya, Selasa (18/1/2022) lalu.

Lebih lanjut, Juartawan mengatakan Silakudes yang diluncurkan pada November 2020 silam itu memang dirancang sebagai solusi untuk memberikan pelayanan urusan yang dapat menjangkau ke seluruh pelosok desa di Kecamatan Gerokgak.

Maka dari itu, sistem informasi yang sebelumnya melayani Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) itu kini rencananya akan Juartawan kembangkan agar dapat memberikan pelayanan administrasi lainnya.

"Misalnya seperti permohonan surat keterangan, nanti akan kami fasilitasi melalui Silakudes." ujarnya.

Juartawan berharap inovasi Silakudes dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat Gerokgak mengingat kecamatan paling barat di Kabupaten Buleleng itu memiliki wilayah yang luas dan kondisi geografis yang cukup ekstrim.

Sebelumnya, inovasi Silakudes oleh Kecamatan Gerokgak berhasil meraih Juara 1 dalam lomba inovasi antar perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar